Melakukan marketing melalui media sosial menjadi tren yang semakin berkembang saat ini. Seperti yang dilansir oleh situs ReadWrite, berdasarkan data dari CMO Survey, perusahaan-perusahaan saat ini menghabiskan 8,4% dari anggaran pemasarannya untuk media sosial. Angka ini diprediksikan akan meningkat menjadi 21,6% dalam lima tahun ke depan.
Melihat fenomena tersebut, tentunya tidak salah jika para marketer mulai harus memilah dengan baik kanal media sosial mana yang dipilih untuk menggunakan anggarannya. Bloom Research, sebuah perusahaan analis web dan media sosial, belum lama ini merilis sebuah infografis yang membandingkan efektivitas media sosial Facebook dan Pinterest untuk marketing. Infografis ini didasarkan dari analisis Bloom Research terhadap lebih dari 46 juta kunjungan di berbagai halaman situs web.
Beberapa poin penting temuan Bloom Research diantaranya adalah bahwa Pinterest lebih efektif dibandingkan Facebook dalam beberapa hal. Dalam soal konversi kunjugan menjadi pembelian, Pinterest memiliki efektivitas 22% lebih baik daripada Facebook. Pengunjung situs yang datang melalui Pinterest menghabiskan waktu 60% lebih lama dari pengunjung yang datang melalui Facebook. Demikian juga, pengunjung yang datang dari Pinterest melihat rata-rata 2,9 halaman dengan bounce rate sebesar 75%., lebih baik dari statistik Facebook yang hanya 1,6 halaman dengan bounce rate 90%.
Di luar parameter-parameter tadi, Facebook masih lebih unggul dalam hal mengundang traffic. Facebook memberikan traffic 7,5 kali dari jumlah traffic yang diberikan oleh Pinterest. Lebih lengkapnya, Anda bisa lihat di infografis berikut ini.