Twitter Luncurkan ‘Twitter Certified Products Program’

Twitter, melalui blog resmi mereka baru saja mengumumkan program produk tersertifikasi Twitter atau Twitter Certified Products Program yang bertujuan untuk ‘menandai’ berbagai produk atau layanan yang dikembangkan pihak ketiga. Program ini memberikan badge khusus untuk berbagai produk yang memaksimalkan penggunaan dari layanan Twitter.

Program ini akan mengkategorikan layanan atau produk menjadi 3 dengan desain badge yang berbeda-beda untuk masing-masing. Engagement Product untuk produk yang membantu pemilik merek bisa terkoneksi dengan konsumen mereka. Analytics Product untuk produk yang membantu pelaku bisnis belajar dari konsumen mereka lewat Twitter serta yang terakhir Data Reseller Product untuk produk yang menjadi platform untuk inovasi dari jumlah besar Tweet yang ada di Twitter.

Bersamaan dengan pengumuman ini, Twitter telah mengumumkan 12 produk dan layanan yang telah masuk dalam program ini. Produk tersebut adalah Attensity, ExactTarget, HootSuite, Mass Relevance, Radian6, SocialFlow, Crimson Hexagon, Dataminr, Sprinklr, Topsy, DataSift, Gnip.

Program ini diperuntukkan bagi para pengembang yang mengembangkan berbagai produk atau layanan yang berhubungan dengan Twitter, layanan microblogging ini juga membuka pintu dan mengajak para developer untuk ikut program sertifikasi ini. Di sisi pengguna program ini memudahkan pebisnis atau pengguna Twitter yang ingin mencari dan mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka, terutama dalam hal pengembangan merek, bisnis atau perusahaan yang berhubungan dengan aktivitas di Twitter.

Twitter sendiri memang saat ini tengah menjadi sorotan, terutama dari sisi pengembang. Kebijakan-kebijakan baru mereka dianggap membatasi gerak para pengembang pihak ketiga yang notabene membantu popularitas layanan Twitter karena produk yang mereka kembangkan. Program sertifikasi ini bisa jadi adalah langkah selanjutnya yang ingin memberikan batas-batas apa saja yang boleh dilakukan pengembang dalam membuat dan mengembangkan produk berdasarkan layanan Twitter.

Ingin mengetahui daftar lengkap 12 mitra serta keterangan layanannya, Anda bisa membaca di sini. Sedangkan pengumuman resmi bisa di baca di sini.

Sumber: blog Twitter. Via: Cnet.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.