Upaya yang dilakukan OPPO untuk mendefinisikan ulang smartphone seri A mereka melalui A9 2020 nampaknya cukup membuahkan hasil. Lewat sebuah acara khusus yang dihelat pasca penjualan perdana A9 2020, OPPO Indonesia mengungkapkan sejumlah fakta yang cukup menarik.
Yang pertama adalah bagaimana A9 2020 berhasil memecahkan rekor penjualan yang cukup mengesankan: dalam skala nasional, OPPO bilang ponsel ini berhasil terjual sebanyak 500 unit setiap jamnya. Mengesankan karena harga jual A9 2020 sendiri dipatok Rp 3.999.000, naik drastis dibandingkan seri A sebelum-sebelumnya.
Kemudian kalau dibandingkan dengan seri lain, OPPO F11 misalnya, A9 2020 rupanya juga unggul dalam hal penjualan. Di hari pertama penjualannya, OPPO mencatat A9 2020 terjual 2,5 kali lebih banyak daripada F11. Padahal kalau kita ingat, harga jual A9 2020 dan F11 sebenarnya sama persis.
Menurut Aryo Meidianto selaku PR Manager OPPO Indonesia, daya tarik utama A9 2020 adalah seputar spesifikasinya. “Faktor utama konsumen membeli perangkat A9 2020 adalah keberadaan RAM besar 8 GB. Konsumen OPPO yang sebagian besar dari kalangan anak muda ini beranggapan, dengan RAM yang lebih besar mereka lebih leluasa untuk membuka berbagai macam aplikasi secara bersamaan tanpa adanya lag,” jelas Aryo.
Meski tidak disebutkan, saya menebak faktor lainnya adalah keberadaan empat kamera belakang pada A9 2020, yang kalau menurut rekan saya, Lukman, juga termasuk salah satu dari empat keunggulan A9 2020. Terakhir, baterai berkapasitas 5.000 mAh milik A9 2020 tentunya juga sangat menarik perhatian, dan baterai besar memang selama ini selalu menjadi kelebihan yang dipertahankan oleh OPPO seri A.