Di penghujung tahun 2009 ini rupanya Kaskus tidak libur, malah justru ngebut mengembangkan forum besar-nya itu menjadi sebuah platform komunitas. Seperti yang kita tahu, saat ini Kaskus memiliki lebih dari 1 juta member meskipun banyak di-antaranya merupakan kloning dari user yang sudah ada. Lalu bagaimana taktik untuk mengurangi jumlah sign-up member baru dan mengurangi jumlah kloning? Inilah solusi yang dikembangkan oleh Kaskus.
Hari ini saya melihat 3 pilihan yang diberikan kepada calon pengguna Kaskus, yaitu KaskusAccess, Facebook Connect dan Twitter. Metode ini memang sudah banyak diterapkan di situs lain untuk social networking dan lain-lain, namun jujur saja saya belum pernah melihat hal ini diterapkan di sebuah forum.
Satu hal yang pasti saya cukup yakin 2 metode tambahan untuk user sign-up ini akan mampu men-drive pengguna baru untuk registrasi dan (harusnya) bisa sedikit mengurangi jumlah kloning di Kaskus. Dan lagipula metode ini saya lihat juga cukup ampuh untuk menjadi pintu bagi brand untuk masuk ke Kaskus tanpa melalui campaign underground. Konektivitas dengan Facebook dan Twitter pastinya lebih memuluskan akses bagi brand untuk monitoring yang terintegrasi dengan banyak platform.
(OOT)
Anyway, ada startup yang berasal dari Jogja? Sekitar tanggal 2 Januari 2010 nanti saya akan ke Jogja, dan saya ingin sekali bisa ngobrol2 dengan startup dari Jogja. Kalau ada yang bersedia meluangkan waktu email saya di rama@dailysocial.net 🙂
mangstab gan!! thanks ulasannya 🙂
Hahaha, gambarnya keren, universitas kaskus 😀
mantap gan….!
emang tujuannya buat “bisa sedikit mengurangi jumlah kloning di Kaskus” min?
kalo mnurut ane sih, ga juga….:o
kejutan akhir tahun, bagi2 donat lagi ga yah…..:ngacir:
gini2 saya lulusan S1 Univ. kaskus jurusan Teknik Pertamax lho.
klo bisa bagi2 cendol aja deh
nais info gan. sebagai member tua di kaskus sejak 2005, saya merasa bangga atas evolusi kaskus saat ini. paling nggak saya bisa berbagi cendol dan bata hanya dengan ISO 500 saya hahaha…