Sudah tahun 2023 masih belum memasang iklan di TikTok? Melansir dari DataReportal, TikTok memiliki 109,9 juta pengguna berusia 18 tahun ke atas di Indonesia pada awal tahun 2023. Angka yang cukup banyak, bukan? Kalau begitu, yuk pelajari cara memasang TikTok ads mobile di sini!
TikTok juga melaporkan bahwa penggunanya 1,5 kali lebih mungkin membeli produk setelah melihat TikTok ads. Jadi, TikTok bukan hanya tempat untuk melakukan challenge menari, melainkan tempat untuk menempatkan iklan yang dapat menjangkau audiens yang besar, terutama Gen Z.
Jenis Iklan di Tiktok
Berikut ini beberapa jenis iklan yang dapat Anda jalankan di TikTok. Yuk, kita lihat satu per satu!
In-Feed Video
In-feed video adalah iklan yang muncul dan berbaur dengan konten lain di FYP (for your page). Biasanya saat Anda sedang meng-scroll video, tiba-tiba muncul brand yang sedang mengiklankan produknya.
Saat melihat iklan jenis ini, pengguna bisa memberi like, komentar, dan bisa mengunjungi outlet atau melihat langsung produknya.
Hashtag Challenges
Hashtag challenges adalah tantangan yang diberikan kepada para pengguna TikTok untuk membuat video dengan tema tertentu.
Jika Anda memanfaatkan challenges ini untuk beriklan, maka iklan hashtag challenges akan muncul di halaman Discovery. Contohnya, hashtag challenge #PlayWithPringles oleh Pringles.
Brand Takeover
Kalau lagi menonton video di YouTube, kadang kala Anda disuguhi iklan di awal video, bukan? Nah, begitu pula dengan iklan brand takeover.
Jadi, iklan ini muncul ketika pengguna baru membuka aplikasi TikTok. Lalu, tampilan iklannya full-screen dan durasinya antara 3 hingga 5 detik.
Karena berdurasi 3-5 detik dan pengguna bisa skip iklan tersebut, pastikan Anda menyampaikan pesan dengan singkat dan jelas ya. Anda juga bisa memasang link yang mengarah ke website atau online marketplace Anda.
Branded Augmented Reality
Supaya lebih menarik Anda bisa memanfaatkan filter dan stiker untuk membuat iklan brand Anda. Seperti yang dilakukan oleh Coca Cola.
Selama filter dan stikernya unik dan menghibur, ada banyak promosi gratis dari pengguna TikTok yang membuat konten dengan filter dan stiker Anda.
Spesifikasi TikTok Ads
Terdapat persyaratan untuk setiap video yang Anda tayangkan sebagai iklan yang harus Anda penuhi. Anda dapat melihat daftar lengkapnya di Pusat Bantuan TikTok, tetapi berikut beberapa persyaratannya :
- Rasio : 9:16, 1:1, atau 16:9
- Resolusi video : Resolusi harus ≥ 540 x 960 px, ≥ 640 x 640 px, atau ≥ 960 x 540 px.
- Jenis file : .mp4, .mov, .mpeg, .3gp, atau .avi
- Durasi : hingga 60 detik, hanya saja TikTok merekomendasikan sembilan hingga 15 detik.
Cara Memasang Iklan di TikTok Mobile
Membuat Akun TikTok Ads Manager
- Buka laman TikTok for Business, lalu ketuk Ayo mulai sekarang.
- Isilah alamat email dan password baru. Klik Daftar.
- Di kolom Kode Verifikasi, klik tautan Kirim Kode. TikTok akan mengirimkan kode verifikasi ke email Anda. Kemudian masukkan kode verifikasi pada kolom Kode Verifikasi.
- Islah informasi bisnis Anda, lalu klik Lanjutkan.
Membuat Campaign
- Setelah muncul laman ini, klik Lihat tujuan lainnya.
- Pada bagian ini, Anda harus menentukan tujuan iklan Anda. Terdapat 4 advertising objective yang bisa Anda pilih, seperti : reach atau jangkauan; conversion atau konversi; apps instal atau penginstalan aplikasi; dan video views atau penayangan video.
- Setelah memilih tujuan iklan, klik Kirim dan salin URL Desktop. Lalu, silahkan kembali ke laman sebelumnya.
- Pilihlah salah satu dari ketiga opsi ini. Misal, Anda memilih Traffic Situs Web.
- Anda harus memilih satu atau beberapa video yang ingin Anda promosikan. Sebelum itu, Anda bisa menautkan akun TikTok terlebih dahulu.
- Anda diminta untuk memverifikasi akun Anda. Masukkan kode verifikasi yang Anda dapatkan di email Anda.
- Masukkan akun Anda dengan email atau nama pengguna serta password. Lalu, klik Masuk.
- Setelah muncul laman ini klik Otorisasikan.
- Sekarang Anda bisa memilih video TikTok Anda yang ingin diiklankan. Setelah memilih videonya, klik Berikutnya.
- Sebelumnya Anda telah memilih Traffic Situs Web, maka sekarang masukkan tautan website atau apapun yang ingin Anda promosikan. Lalu, klik Berikutnya.
- Atur penonton Anda, mulai usia, jenis kelamin, lokasi, minat hingga bahasa. Klik Berikutnya.
- Atur anggaran harian dan berapa lama durasi mengiklankannya. Klik Berikutnya.
- Untuk metode pembayaran terdapat Pembayaran otomatis atau Pembayaran Manual. Pilih salah satu metode tersebut.
- Terakhir, lakukan pembayaran dan iklan akan segera diproses.
Itulah cara memasang iklan di TikTok mobile. Selain melalui mobile, Anda bisa memasang iklan TikTok melalui desktop juga, lho. Semoga membantu.