User Persona / freepik

User Persona: Definisi, Tujuan, dan Jenisnya

User Persona adalah gambaran yang menggambarkan persepsi konsumen terhadap produk atau layanan yang akan ditawarkan oleh suatu perusahaan.

User Persona ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan usaha bisnis dalam mendesain dan mengembangkan produk serta memberikan informasi yang relevan tentang pembayaran dan kualitas pelayanan.

Simak penjelasan berikut ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai User Persona!

Definisi User Persona

User Persona adalah gambaran wujud dari pelanggan potensial yang akan menjadi target pasar dari suatu produk atau layanan.

Dengan User Persona itu sendiri, akan lebih mudah bagi tim marketing untuk menggali informasi tentang karakteristik pelanggan dan membuat strategi marketing yang berpihak kepada pelanggan yang diinginkan.

User Persona dibuat untuk memberikan gambaran yang detail mengenai siapa orang yang akan menjadi pembeli produk atau layanan kita, cara mereka berfikir dan cara mereka memperoleh informasi tentang produk atau layanan tersebut.

User Persona memiliki beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam pembuatannya, antara lain:

  1. Identitas
  2. Motivasi
  3. Pengetahuan
  4. Hasrat
  5. Kebutuhan

Tujuan User Persona

Peran User Persona dalam bisnis sangat penting karena dengan mengetahui bagaimana cara berpikir dan berperilaku pelanggan, maka kamu bisa mewujudkan ide-ide yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan mereka.

User Persona juga memberi gambaran mengenai keluhan pelanggan dan cara mengatasinya, serta informasi yang berguna untuk memastikan keputusan pemasaran menjadi tepat.

Penciptaan User Persona ini penting karena:

  1. Memahami target audience and customer needs.
  2. Mereka dapat memastikan apa yang ingin kita peroleh dari website atau produk kita
  3. Menentukan strategi yang tepat dan mengantisipasi kemungkinan perubahan user base
  4. Meningkatkan pertimbangan dalam membuat perencanaan bisnis dan aplikasi kita

Jenis User Persona

User Persona adalah sebuah konsep yang digunakan untuk mengidentifikasi pihak-pihak penting dalam membangun sebuah produk atau layanan.

User Persona memiliki 3 (tiga) hal yang harus diketahui:

Pain Points

Pain Points adalah proses dimana pengguna mengalami masalah yang membuatnya kebingungan.

Dengan cara mengidentifikasi masalah pada pengguna, kita dapat mengetahui apa yang menjadi masalah mereka dan bagaimana membuatnya semakin mudah untuk menyelesaikannya.

User’s Goals

Jenis kedua adalah User’s Goals. User’s Goals ini adalah suatu kebutuhan yang ingin dicapai oleh pengguna.

Jika tujuan mereka adalah untuk menjadi bugar dan menurunkan berat badan, maka mungkin kamu dapat menawarkan rencana diet atau program kebugaran langsung melalui produk kamu alih-alih hanya membuatnya pergi dan menemukan sesuatu yang lain secara online.

Behaviour

Terakhir, ada jenis Behaviour atau perilaku adalah cara orang benar -benar menggunakan produk perusahaanmu.

Behaviour adalah seluruh perilaku yang dihasilkan oleh perilaku berinteraksi dengan sistem informasi. Maka dari itu, perhatikanlah semua perilaku pemakai aplikasi kalian sebelumnya dan jadikan perubahan untuk kemudian menyempurnakannya bersama dengan penggunaan desain UX.

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai User Persona, semoga bermanfaat.