Ketahui Cara Kelola Stok di Aplikasi Linkz

Anda pemilik usaha yang menggunakan aplikasi Linkz sebagai alat penunjang? Masih bingung bagaimana cara mengelola stok di aplikasi Linkz?

Artikel ini akan membantu Anda memahami bagaimana cara mengelola stok atau manajemen inventory untuk keperluan usaha Anda dengan aplikasi Linkz. Manajemen inventory sendiri memiliki arti proses pengelolaan dan pemantauan atas persediaan barang yang tersimpan dalam gudang untuk didistribusikan oleh perusahaan kepada konsumen.

Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk kelola stok menggunakan Linkz!

Cara Kelola Stok / Manajemen Inventory di Linkz

1. Menambah Produk Baru

  • Buka aplikasi Linkz dan masuk ke akun Anda.
  • Setelah itu, pilih Garis Tiga di bagian kiri atas pada layar.

  • Pilih opsi Pengaturan.

  • Pilih Pengaturan Gudang.

  • Klik pada Daftar Produk.

  • Klik pada simbol + yang terdapat pada bagian kanan atas. Terdapat pula simbol filter yang digunakan untuk mencari produk sesuai dengan yang Anda telah tambahkan.
Credit: Linkz
  • Lengkapi informasi produk yang ditambahkan ke dalam stok, seperti nama produk, lokasi gudang, gambar produk, satuan produk, dan lainnya. Beri tanda “Aktif” pada produk untuk memberi informasi bahwa produk tersedia dan dapat dipesan. Anda juga dapat memberi tanda “Katalog Produk” untuk menampilkan produk pada katalog digital.
Credit: Linkz
  • Anda dapat menambahkan informasi pada tab katalog, seperti kategori produk, nama merek dan model pada produk yang akan ditampilkan pada menu katalog digital.
Credit: Linkz
  • Pada kolom penjualan, Anda dapat menambahkan informasi berupa mata uang yang digunakan, dan masukkan jumlah harga jual dan diskon (dengan minimal jumlah pembelian jika diperlukan).
  • Pada kolom pembelian (opsional), Anda dapat memilih supplier. Masukkan harga beli, diskon, dan mata uang yang digunakan. Pada kolom ini akan ditunjukkan rekam pembelian dan nilai harga beli.
  • Pada kolom stok, Anda dapat menambahkan, mengubah, atau mengganti jumlah stok yang tersedia pada menu. Anda juga dapat mengatur jumlah tingkat stok minimum yang tersedia pada produk Anda.
Credit: Linkz

2. Menerima Produk

  • Buka aplikasi Linkz dan masuk ke akun Anda.
  • Setelah itu, pilih Garis Tiga di bagian kiri atas pada layar.

  • Pilih opsi Pengaturan.

  • Pilih Pengaturan Gudang.

  • Pilih Penerimaan. Kemudian, pilih transaksi yang Anda perlukan untuk konfirmasi status penerimaan barang di Gudang.
Credit: Linkz
  • Pilih produk dan jumlah produk yang Anda terima atau mungkin ingin Anda kembalikan. Anda juga dapat menambahkan catatan mengenai produk yang telah diterima.
  • Jik produk dan dokumen yang telah diterima telah sesuai, maka Anda dapat klik Produk Diterima.

3. Pengiriman Produk

  • Buka aplikasi Linkz dan masuk ke akun Anda.
  • Setelah itu, pilih Garis Tiga di bagian kiri atas pada layar.

  • Pilih opsi Pengaturan.

  • Pilih Pengaturan Gudang.

  • Pilih Pengiriman. Kemudian, pilih transaksi yang ingin Anda konfirmasi status pengirimannya dari Gudang Anda.
Credit: Linkz
  • Pilih produk dan jumlah barang yang ingin Anda kirim melalui Gudang. Anda dapat menambahkan catatan, seperti nama pengendara, foto dan plat nomor kendaraan.
  • Klik Kirim Pengeluaran untuk konfirmasi bahwa produk telah dikirim.
  • Jika terdapat pengembalian produk, Anda dapat melakukan pengiriman kembali dengan pergantian produk yang telah disepakati.

Itulah langkah-langkah yang dapat dilakukan dalam mengelola stok di aplikasi Linkz. Anda dapat melakukan manajemen inventory guna mengelola persediaan barang secara efisien dan efektif, sehingga dapat meningkatkan efisiensi operasional bisnis serta memberikan keuntungan finansial.