Mbloc Resmi Luncurkan Jenama Lab bagi UMKM, Hasil Kolaborasi dengan Kadin Indonesia, GreatNusa, BINUS Business School, dan SIRCLO

Kolaborasi dengan Kadin Indonesia, GreatNusa, BINUS Business School, dan SIRCLO, Mbloc Academy resmi meluncurkan Jenama Lab hari ini. Kurangnya pemahaman para wirausaha terkait jenama, pengembangan jenema, dan pemasaran menjadi latar belakang terbentuknya Jenama Lab.

Triawan Munaf, selaku Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kadin Indonesia menyebut jenama sebagai salah satu faktor penting untuk mengembangkan UMKM.

“Keberadaan Jenama Lab ini akan membantu UMKM juga para pelajar dan institusi pendidikan untuk mendapatkan pengetahuan dalam memasarkan produknya dan juga berinovasi dalam mengembangkan sebuah produk,” ucap Triawan.

Mengingat pentingnya branding dan pengembangan produk terhadap profitabilitas UMKM, Triawan turut menegaskan dukungan dari Kadin Indonesia untuk perkembangan Jenama Lab.

“Kadin Indonesia akan menyediakan network untuk pelaksanaan pendidikan berbasis ekonomi kreatif dalam program jenama Lab. Tak hanya itu, kami juga berkomitmen untuk menyediakan akses untuk mengembangkan skill/keterampilan dengan bidang terkait dan akses kepada perusahaan-perusahaan besar negeri maupun swasta, hingga mendorong UMKM untuk menggunakan platform Jenama Lab,” tegas Triawan.

Direktur Utama MBloc Group, Handoko Hendroyono menyampaikan peran Mbloc Academy sebagai pusat pengembangan studi yang menyediakan ilmu, keterampilan, juga studi kasus nyata terkait jenama. Sementara itu, penerapan dari materi program akan dipandu dan didampingi oleh mentor yang merupakan praktisi.

“Program ini didukung oleh berbagai pihak, dari pemerintah, industry leaders, akademisi, hingga komunitas wirausaha se-Indonesia dengan materi-materi yang dibawakan berupa sharing session oleh ahli praktisi dan alumni Mbloc Academy, lab praktikum jenama, blended learning, dan studi kasus  untuk membantu pengembangan jenama UMKM,” ucap Handoko.

Memperkuat dukungan pengembangan Jenama Lab, Dezie Leonarda Warganegara, Executive Dean BINUS Business School, menyampaikan bentuk dukungan BINUS Business School kepada Jenama Lab. BINUS Business School membantu merancangkan silabus, membuat studi kasus, mendampingi UMKM dalam mengembangkan jenamanya, serta menyelenggarakan program pembelajaran non-formal berbasis studi kasus dengan kredit akademik yang dapat digunakan untuk melanjutkan pendidikan tinggi lewat “Credit Earning Program” serta Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Selain itu, BINUS Business School juga memberikan dukungan dalam bentuk publikasi penelitian terkait jenama UMKM serta distribusi studi kasus lewat Case Center BBS.

Tidak hanya itu, para dosen dan mahasiswa serta ribuan alumni juga telah menyampaikan kesediaan untuk membantu mempercepat pembelajaran pengembangan jenama.

Tak berhenti disitu, Firdaus Alamsjah, Deputy CEO GreatNusa juga turut menegaskan dukungannya melalui  penyediaan solusi pragmatis dalam bentuk platform pembelajaran berkolaborasi dengan BINUS Business School yang dapat diakses oleh seluruh penyelenggara UMKM. GreatNusa didukung oleh BINUS Business School juga merancang materi pembelajaran blended learning secara daring dan tatap muka.

“Program ini memiliki ekosistem yang terintegrasi. Kurikulum, studi kasus dan pendampingan mentor praktisi dikembangkan bersama dengan BINUS Business School untuk para tenants dan komunitas UMKM. Sebagai portal pembelajaran online untuk mencetak pemimpin dan pribadi HEBAT, GreatNusa membantu penyiapan pelaku UMKM sebagai pribadi HEBAT yang mau terus belajar dan berkembang, guna memberi kontribusi positif bagi dirinya, usahanya, dan masyarakat melalui pembangunan Jenama yang unggul,” ucap Nita Felia Pambudi, COO GreatNusa

Menyambut kemitraan strategis ini, Ferry Tenka, CEO Entrepreneur Solutions, SIRCLO turut menyampaikan dukungannya, “Setelah hampir 10 tahun menyokong akselerasi digitalisasi UMKM, kami memahami pentingnya peranan jenama dalam memperkuat identitas bisnis dan meningkatkan daya saing di pasar yang semakin kompetitif.

Lewat SIRCLO Store dan layanan teknologi terpadu yang diberikan pelaku UMKM dapat berjualan melalui kanal penjualan website, marketplace dan chat commerce. Hal ini semakin memberikan nilai tambah dan menjadikan pendampingan yang diberikan Jenama Lab bersifat holistik sehingga strategi pengembangan jenama menjadi semakin efektif dan efisien.”

Selain menjadi solusi dari tantangan terkait pengembangan jenama, pemasaran, dan kepemimpinan bagi pelaku UMKM, kolaborasi ini juga diharapkan dapat mewujudkan ekosistem pelatihan dan pengembangan jemama untuk pertumbuhan UMKM di masa mendatang.