Mengenal Jenis Headline yang Efektif untuk Artikel Bisnis Anda

Dalam arena bisnis yang kompetitif, headline memiliki peran krusial dalam menarik perhatian target pasar dan mengkomunikasikan esensi dari suatu topik atau pengumuman. Selain itu, headline juga merangkum isi konten yang membantu pembaca dalam memahami topik.

Dalam dunia digital, headline juga berperan dalam SEO. Headline yang tepat dapat membantu membangun identitas merek dan mendorong tindakan pembaca. Setiap jenis headline memiliki kekuatan untuk mempengaruhi cara informasi disampaikan dan diterima oleh audiens. Karenanya, penting untuk menggunakan jenis headline yang tepat agar efektif untuk mencapai tujuan.

Jenis-jenis Headline

Dalam dunia berita bisnis yang terus bergerak cepat, seni merangkai headline yang efektif merupakan salah satu kunci sukses dalam menarik perhatian pembaca yang semakin selektif. Ada beragam jenis headline yang dapat digunakan untuk membantu konten bisnis Anda mencapai audiens dengan lebih efektif.

Dikutip dari Indeed, terdapat 19 jenis headline yang dapat dimanfaatkan sesuai kebutuhan bisnis, diantaranya:

  • Direct headline: Headline ini dengan tegas menyatakan tujuan artikel dan memberikan gambaran persis kepada pembaca tentang apa yang akan mereka temukan.
  • Indirect headline: Headline ini menggunakan pendekatan lebih halus untuk memancing rasa ingin tahu pembaca.
  • News headlines: Jenis headline ini akan efektif digunakan untuk mengkomunikasikan hal penting dan terbaru tentang perusahaan atau produknya.
  • How-to headline: Headline yang memberikan petunjuk atau langkah demi langkah untuk mengajarkan keterampilan baru kepada pembaca.
  • Question headline: Headline ini disajikan dalam bentuk pertanyaan untuk memancing rasa ingin tahu pembaca agar membaca dan mencari jawaban dalam artikel.
  • Command headline: Headline yang memberikan ajakan untuk bertindak atau mempelajari sesuatu.
  • The ‘reason why’ headline: Gaya headline ini membahas alasan di balik situasi tertentu. Biasanya disajikan dalam format daftar dan banyak disukai pembaca.
  • Emotional headline: Jenis ini akan menarik perhatian pembaca dengan cara mengaitkan headline dengan emosi positif atau negatif yang mendorong pembaca untuk membaca artikel.
  • Wordplay headline: Dengan menggunakan pilihan kata yang kreatif, headline jenis ini akan memberikan sentuhan humor kepada pembaca. Jenis ini cocok digunakan untuk topik yang lebih ringan.
  • Brand name headline: Headline ini biasanya digunakan bagi brand baru untuk memasuki pasar. Untuk menarik perhatian pembaca, headline jenis ini menggunakan nama brand lain untuk membandingkan bisnis atau produk.
  • Best headline: Headline ini memberitahukan daftar teratas dari suatu item. Misalnya “Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Bandung”.
  • Two-part headline: Jenis ini biasanya menggunakan tanda baca titik dua atau tanda kurung guna menggabungkan dua gagasan untuk lebih menarik perhatian pembaca.
  • Relational headline: Headline ini menghubungkan pembaca dengan subjek artikel untuk menciptakan ikatan dan membuat mereka merasa relevan dengan topik.
  • Location-specific headline: Jenis headline ini akan membuat pembaca merasa terikat karena penyajian konten dengan informasi yang relevan untuk kelompok tertentu di lokasi tertentu saja.
  • Challenging belief headline: Dengan menggunakan pendekatan psikologi, jenis headline ini akan membuat calon pembaca penasaran dan tertarik untuk membaca artikel.
  • Confrontational headline: Jenis headline ini bersifat kontroversial sehingga akan menarik perhatian publik, baik yang pro maupun kontra, untuk membaca artikel tersebut.
  • Testimonial headline: Headline jenis ini dibuat dengan mengutip pernyataan konsumen yang sudah pernah menggunakan produk atau layanan perusahaan.
  • The ‘backed by science headline: Headline jenis ini dibuat untuk memperkuat citra merek dan opini publik dengan dilengkapi bukti ilmiah. Misalnya, ‘Teruji Klinis! Dermatolog Percaya Kandungan AHA dapat Mengangkat Sel Kulit Mati’
  • Background headline: Headline ini memuat 2 bagian penting. Bagian pertama berisi penjelasan konteks, sedangkan bagian kedua berisi penjelasan dari konteks tersebut.

Tips Menulis Headline Artikel Bisnis yang Efektif

  • Pastikan headline Anda sesuai dengan konten artikel dan langsung menarik minat pembaca.
  • Gunakan pilihan kata yang menarik, kuat dan menjual untuk mengkomunikasikan manfaat utama dari artikel Anda.
  • Tambahkan unsur urgensi dengan menggunakan kata-kata seperti “Segera,” “Langsung,” atau “Jangan Lewatkan.”
  • Sederhanakan kata-kata tanpa mengorbankan esensi informasi.
  • Mainkan dengan gaya bahasa yang kreatif dan menarik, tetapi tetap relevan dengan topik artikel.

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, headline yang tepat dapat menjadi kunci untuk membedakan identitas dari pesaing, membangun citra merek yang kuat, serta mengarahkan perhatian pasar sesuai dengan visi perusahaan.