Alasan Email Marketing Menjadi Channel Digital Marketing yang Efektif

Rekan marketer, Anda pasti sering mendengar bahwa social media merupakan channel digital marketing terbaik saat ini, selain itu juga ada social media ads yang bisa membantu memaksimalkan campaign dalam social media tersebut.

Namun, menurut The American Jenius, 0,59% pengunjung media sosial Anda akan melakukan transaksi dengan Anda, dan 4,24% orang yang menerima promosi di email akan melakukan pembelian. Selain itu, Anda memiliki peluang enam kali lebih baik untuk mendapatkan klik dari email daripada klik yang Anda dapatkan dari postingan di Twitter. Selain itu, berikut ini beberapa alasan mengapa email marketing menjadi channel marketing terbaik.

1. Campaign Email Relatif Terjangkau dan Menghasilkan ROI tinggi

Selain menjadi channel marketing yang efisien dari segi harga, email marketing merupakan channel marketing yang menghasilkan ROI tertinggi dibandingkan dengan channel lainnya seperti social media. ROI email rata-rata adalah 3.800% yaitu $38 untuk setiap $1 yang dihabiskan untuk email marketing. Gabungkan strategi seperti segmentasi dan personalisasi untuk membantu memberikan hasil yang lebih baik.

Selain menjadi channel marketing yang efisien dari segi harga, email marketing merupakan channel marketing yang menghasilkan ROI tertinggi dibandingkan dengan channel lainnya seperti social media. ROI email rata-rata adalah 3.800% yaitu $38 untuk setiap $1 yang dihabiskan untuk email marketing. Gabungkan strategi seperti segmentasi dan personalisasi untuk membantu memberikan hasil yang lebih baik.

2. Campaign Email Membantu Anda Memelihara Leads Sampai Mereka Siap untuk Membeli

Tingkat konversi rata-rata email hanya 1-2%. Jadi, jika leads Anda belum siap untuk membeli sekarang, Anda perlu memeliharanya, caranya adalah dengan memberikan serangkaian email automation yang telah Anda personalisasi untuk mereka. Berikut ini contoh flow untuk melakukan nurture kepada leads yang belum siap melakukan pembelian pada produk Anda.

3. Mudah untuk Meningkatkan Engagement dengan Konten yang Dipersonalisasi

Konsumen digital lebih memilih penawaran yang dipersonalisasi daripada hanya ditawari iklan untuk produk yang sama seperti orang lain. Personalisasi email diharapkan menjadi kebutuhan. Orang-orang kemungkinan besar akan menanggapi email yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Email marketing adalah channel yang tepat dalam hal menjadi personal dengan audiens Anda. Gunakan data yang telah Anda kumpulkan dari perilaku online pelanggan, minat, atau pembelian sebelumnya untuk membuat email yang disesuaikan dan relevan yang sulit untuk diabaikan. Melakukan personalisasi melalui email pasti akan meningkatkan open rate dan CTR email marketing Anda.

4. Email Tetap Efektif untuk Menjangkau Konsumen secara Mobile

Sekitar 70% email dibuka dari smartphone atau tablet. Artinya, jika Anda mencoba untuk mengikuti persaingan, maka mengirimkan email dengan versi mobile responsif akan membantu Anda untuk tetap terhubung dengan pelanggan Anda. Ini juga merupakan aset yang bagus untuk mendorong konversi, mengingat audiens target Anda sangat mudah dijangkau.

Meskipun demikian, masih ada perusahaan yang gagal mengoptimalkan konten mereka untuk penggunaan mobile yang efisien. Pastikan email Anda menyediakan fitur responsif penuh di semua platform selain desktop. Tidak semua strategi marketing cocok untuk mobile, jadi pertimbangkan email sebagai pilihan utama untuk menjangkau pelanggan Anda.

5. Konten Interaktif akan dapat Menjangkau Pelanggan Anda

Konten marketing yang interaktif akan memiliki tingkat respons yang lebih tinggi di dari pelanggan Anda. Email marketing menawarkan peluang untuk menyampaikan konten interaktif dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada channel marketing lainnya. Alih-alih mengarahkan pelanggan Anda ke halaman landing secara langsung, Anda dapat menerapkan berbagai jenis interaktivitas untuk memikat perhatian penonton dalam berinteraksi pada email Anda. Seperti carousel email, video, GIF, dan banyak hal lainnya. Hal ini akan membantu engagement Anda meningkat, sehingga pembaca tertarik untuk melakukan action pada email Anda, yang nantinya akan membantu meningkatkan CTR Anda lebih tinggi.