Apa Itu Iklan? Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Media yang Digunakan

Istilah iklan mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat umum. Iklan sering muncul di berbagai media baik itu televisi, radio, koran, majalah, media online, baliho jalan raya.

Apa Itu Iklan?

Definisi iklan adalah pesan yang tujuannya untuk menyajikan produk kepada publik pada platform media tertentu. Iklan adalah alat penting dalam proses pemasaran. Dalam praktiknya, periklanan menjadi bagian dari promosi pemasaran.

Seiring berkembangnya zaman ke arah yang lebih digital, terjadi perubahan dalam bentuk iklan yang lebih variatif. Misalnya, kamu dapat menemukan berbagai iklan di media sosial atau di papan reklame yang membuat iklan. Semua itu memiliki tujuan objektif, yaitu bagaimana masyarakat/audiens menjadi sadar akan iklan tersebut dan tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan.

Selain iklan, ada proses promosi, yang mengacu pada biaya yang harus dialokasikan kepada sponsor dalam bentuk ide dan produk untuk mempromosikan tujuan. Iklan harus bersifat persuasif agar masyarakat tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan melalui berbagai cara.

Supriyanto, dalam bukunya Meraih Untung dari Cetak Spanduk Reklame, mengatakan bahwa iklan adalah promosi barang, jasa, usaha dan gagasan yang sponsornya harus membayar sejumlah tertentu. Siapa sponsornya? Sponsor adalah perusahaan tertentu yang menjadi pelanggan.

Jenis Iklan

Iklan dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu iklan komersial dan iklan nonkomersial.

1. Iklan Komersial

Tujuan dari iklan jenis ini adalah untuk menyasar orang-orang yang ingin membeli atau menggunakan layanan yang diiklankan.

2. Iklan Non Komersial

Iklan ini ditujukan kepada masyarakat untuk memberikan informasi, edukasi, himbauan dan sosialisasi program.

Sementara itu iklan juga dibagi menurut media menjadi iklan cetak dan iklan elektronik.

1. Iklan Media Cetak

Iklan ini dibuat dalam bentuk cetak. Iklan jenis ini banyak dijumpai di koran, majalah, poster, baliho, stiker, dll.

2. Iklan Media Elektronik

Iklan ini menggunakan media elektronik seperti televisi, radio atau media sosial untuk pemasarannya. Selain itu, iklan dapat berupa iklan cetak, iklan kolom, iklan kolom, dan iklan display.

Fungsi Iklan

Dari beberapa poin di atas dapat disimpulkan bahwa makna iklan selalu berkaitan dengan promosi suatu produk (barang dan jasa) kepada masyarakat. Tapi apa fungsi objektif dari iklan yang dipromosikan secara besar-besaran?

• Memberikan informasi kepada target konsumen

• Mendorong masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan

• Mempertahankan memori konsumen dan mengingat produk tertentu

• Membawa nilai pada produk yang dipasarkan

• Menjadi sarana bantuan daripada upaya lain perusahaan

Media untuk Mempromosikan Iklan

Media merupakan elemen penting dalam periklanan. Mengapa? Karena media merupakan wahana untuk mempromosikan dan memasarkan suatu produk atau kampanye sosial. Berikut adalah empat media periklanan:

• Media cetak, seperti koran dan majalah

• Media elektronik, seperti radio dan televisi

• Media interaktif, seperti internet yang platformnya ada media sosial

• Media alternatif, seperti iklan di video, iklan di rambu-rambu lalu lintas, dan iklan di tempat umum lain

Singkatnya, iklan adalah media yang digunakan untuk mempromosikan produk, layanan, atau target masyarakat umum.