Platform open finance API Ayoconnect mengumumkan kemitraan strategis dengan Mastercard, perusahaan teknologi global di industri pembayaran. Kemitraan ini bertujuan memodernisasi pembayaran berbasis rekening bank dan bersama-sama mengembangkan solusi open finance di Indonesia.
Sebelumnya, Ayoconnect juga berperan menjembatani kerja sama antara Mastercard dengan lima platform e-commerce dan dompet digital melalui jaringan open banking.
Kedua perusahaan tengah mengembangkan solusi baru yang memungkinkan debet langsung dari rekening bank konsumen dengan metode yang lebih sederhana dan aman. Kemitraan ini memanfaatkan konektivitas Ayoconnect ke API open banking dari bank-bank terbesar di Indonesia.
Tahun lalu, Ayoconnect telah meluncurkan solusi direct debit bekerja sama dengan tujuh bank besar di Indonesia, yaitu BRI, Bank Mandiri, CIMB Niaga, BNI, Danamon, Bank Syariah Indonesia, dan Bank Neo Commerce untuk menyediakan direct debit yang dapat diakses melalui 1 API.
Di tahun yang sama, Ayoconnect juga telah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia. Disebutkan Ayoconnect adalah satu-satunya pemain Open Finance di Indonesia yang memiliki lisensi tersebut.
Founder & CEO Ayoconnect Jakob Rost mengungkapkan, kunci untuk mempercepat ekosistem pembayaran Indonesia adalah kolaborasi antara semua sektor, industri, dan pemangku kepentingan.
“Mendapatkan kepercayaan dari Mastercard adalah wujud komitmen kami dalam membangun lapisan infrastruktur yang memungkinkan interoperabilitas ekosistem open finance untuk memberikan pengalaman pembayaran digital yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih aman,” ungkap Jakob dalam keterangan resmi.
Selain solusi pembayaran, Ayoconnect dan Mastercard juga akan berkolaborasi dalam membangun solusi open finance yang dapat menghasilkan keputusan kredit yang lebih baik dan mendorong inklusi keuangan. Solusi ini akan menggabungkan kapabilitas Open Banking dan Data & Services Mastercard dengan konektivitas Ayoconnect.
Didirikan pada tahun 2016, Ayoconnect telah berkembang menjadi ekosistem API terbesar di Indonesia. Mereka mengembangkan lebih dari 4 ribu produk finansial yang telah di-embed dengan sekitar 200 mitra institusi.
Semua akan fintech pada waktunya
Salah satu dampak dari “tech winter” di Indonesia adalah setiap perusahaan semakin berfikir keras untuk bisa mendulang profit. Perusahaan harus bisa memanfaatkan layanan keuangan untuk melayani pelanggan dengan lebih baik, mempertahankan mereka, serta mendorong lebih banyak diversifikasi bisnis perusahaan.
Jakob, melalui pemaparannya terkait pertumbuhan bisnis Ayoconnect juga mengungkapkan bahwa Ia percaya pada akhirnya semua perusahaan akan menjadi perusahaan fintech. Ayoconnect juga tengah agresif memperluas jangkauan pasarnya.
“Ke depannya, kami ingin segera memperluas segmen konsumen di pasar yang lebih spesifik seperti agritech,” ungkapnya.
Pembayaran digital menyediakan layanan yang dapat diterima konsumen untuk mengakses layanan dan transaksi keuangan, dan berbagai perusahaan rintisan dan entitas teknologi keuangan lainnya mendorong pertumbuhan perbankan elektronik. Metode ini telah menjadi salah satu penggerak sejumlah sektor bisnis dengan keunggulan seperti kecepatan, akurasi, dan akses yang mampu menjangkau berbagai lapisan masyarakat
Berdasarkan data Mastercard New Payments Index 2022, konsumen di kawasan Asia Pasifik termasuk sebagai pengguna pembayaran digital paling antusias di dunia. Hal ini ditunjukkan dengan 69 persen dari populasi menambah penggunaan setidaknya satu metode pembayaran digital dalam setahun terakhir.
Riset terbaru Statista juga menunjukkan bahwa peningkatan transaksi pembayaran digital di Indonesia menggambarkan peningkatan literasi keuangan digital masyarakat. Riset tersebut juga memperkirakan jumlah pengguna pembayaran digital di Indonesia akan terus tumbuh, dengan e-commerce dan mobile payment meningkat masing-masing lebih dari 45 persen dan 18 persen dari tahun 2022 hingga 2027.