Berikut Daftar Peserta yang Pitching di Jakarta Ventures Night 2012

Jakarta Ventures Night 2012 yang diselenggarakan hari Kamis, 12 Januari 2012 kemarin menghadirkan berbagai startup dan layanan yang melakukan pitch dihadapan peserta yang terdiri dari para investor, rekan startup lain, beberapa media serta undangan lainnya.

Selain itu acara juga diisi dengan presentasi dari startup yang telah mendapatkan pendanaan dari EV yaitu idBlognetwork, Penn-Olson dan Nightspade serta beberapa pembicara lain seperti Edi Taslim dari Kompas Digital serta Shinichi Takamiya pembicara yang menjelaskan tentang strategi untuk membangun startup dan strategi keuangan untuk startup.

Tidak seperti acara JVN tahun lalu, kali ini pitching tidak hanya dilakukan oleh startup yang diundang untuk mengenalkan startup mereka tetapi juga ada pitch dan demo dari ‘lulusan’ program East Ventures Alpha yang telah diselenggarakan sejak kurang lebih 100 hari yang lalu. Seperti yang pernah diumumkan sebelumnya ada 6 peserta program yang lolos gelombang pertama EV Alpha. Jadi total ada 18 pitch pada acara JVN kali ini.

Berikut daftar para peserta yang memperkenalkan layanan mereka, beberapa sudah kita kenal dan sudah pernah dibahas di DailySocial, beberapa lagi belum dan saya pun baru mendengar nama mereka. Selamat membaca.

JVN 2012 Pitch

Dimulai dengan 3 startup yang telah mendapatkan investasi dari East Ventures, termasuk dua startup terbaru mereka, kemudian dilanjutkan dengan pitch dari para peserta lain.

Soybeansoft

Ini adalah salah satu portofolio EV di bidang game yang mendapatkan investasi sekitar bulan April/Mei dan mengumumkan investasi secara resmi bulan Agustus tahun lalu. Dalam presentasinya Guntur Sarwohadi co-founder dan CEO dari Soybeansoft menjelaskan tentang game yang sedang mereka kembangkan yaitu Hunter Story yang merupakan casual RPG – cross platform social game yang tidak hanya bisa dimainkan di web tetapi juga iOS dan Android. Game ini juga dilengkapi dengan in app item purchase. DailySocial juga pernah berkunjung ke studio Soybeansoft di Yogyakarta. Liputan bisa dilihat di tautan ini.

Inapay

Sebuah payment intermediary system, layanan Inapay memberikan jasa mirip dengan apa yang dilakukan oleh jasa Rekening Bersama (RekBer) yang biasanya digunakan dalam proses jual beli di forum jual beli, situs jual-beli atau marketplace, namun dengan beberapa fasilitas keamanan, salah satunya adalah fasilitas Inapass. Selain itu mereka juga memberikan jasa berupa jasa transfer antar bank.

Jajalindo

Layanan contextual hyperlocation search Indonesia, Jajalindo menawarkan layanan pencarian berdasarkan kata kunci lokasi. Jajalindo menyediakan fasilitas bagi user mereka untuk memberikan review – user generated content, ada pula community system serta reward berupa badges. Pengguna juga bisa mencari berdasarkan kata kunci, kategori serta kota, hasil pencarian akan menampilkan informasi dari lokasi, seperti profil, deskripsi, review, galeri serta hasil pencarian lokasi terdekat lain ada yang berkaitan dengan lokasi tersebut.

Sribu

Sribu.com beberapa kali juga dibahas di DailySocial, layanan ini mempertemukan klien yang membutuhkan desain dengan para desainer melalui sebuah kontes. Sribu juga menjadi pemenang SparxUp Awards 2011.

Ada bermacam kategori desain yang bisa dipilih mulai dari logo, kaos, kalender sampai ke interior dan desain poster. Informasi di situsnya, Sribu.com telah memiliki 7.100 lebih desainer yang bergabung di situs mereka serta 16.000 lebih portofolio yang dikirimkan.

Dalam presentasinya Ryan Gondokusumo (CEO Sribu.com) menjelaskan Sribu kini sedang fokus ke pengembangan produk, pertambahan user baik desainer atau client, selain itu juga menyiapkan marketing dan strategi monetisasi seperti 20% profit sharing, ads dan premium model. Sribu juga menargetkan untuk menyasar pangsa pasar global tidak hanya Indonesia.

Dwarapala 

Dwarapala.com adalah layanan hosted e-commerce solution yang menyediakan fasilitas bagi mereka yang ingin berjualan atau memiliki toko online dengan mudah. Semacam Tumblr atau layanan blog lain tapi untuk e-commerce atau mirip dengan apa yang ditawarkan Shopify, Etsy dan beberapa layanan lain. Gratis tetapi ada fee untuk upgrade fasilitas. 

Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain: kemudahan membuat toko online, host websites, fasilitas analytics, themes situs, kustomisasi nama usaha, dan beberapa fasilitas lain. Satu hal yang saya suka adalah desain dari situs Dwarapala yang cukup menyenangkan.  

Mysellr

Layanan yang menyediakan pengalaman belanja yang lengkap melalui Facebook. MySellr memfasilitasi mereka yang ingin memasuki F-commerce atau berjualan lewat Facebook melalui Fan Page dengan berbagai fasilitas serta kelengkapan e-commerce.

UpdateLocal 

Updatelocal adalah jejaring sosial berdasarkan lokasi. Penguna bisa bersosialisasi, melakukan check-in di lokasi tertentu, ada channel dimana pengguna bisa mem-post konten dan saling berkomunikasi di konten yang telah di-post. Mencoba mengisi celah dari layanan Facebook, Twitter, dan Foursquare. Akan menerapkan fremium model, beberapa caranya dengan private channel untuk layanan berbayar.

Yoose.com

Satu-satunya peserta dari luar Indonesia yang hadir untuk melakukan pitch di JVN 2012. Yoose.com adalah layanan location targeted ad network untuk perangkat bergerak. Saat ini memiliki 5 orang dalam tim mereka termasuk bagian teknis dan marketing. Beberapa contoh iklan dari layanan mereka adalah banner ads di games atau aplikasi lain. 

Telios.tv  

Telios.tv adalah layanan online demand video platform yang mencoba menjajal peluang atau celah yang ada dengan menyediakan media berupa web shows dalam bentuk video. Mencoba menyasar anak muda, konten tentang media sosial, juga membuat kegiatan online dan offline, Telios.tv juga mencoba untuk menjadi paltform sentral bagi penerbit potensial serta menyediakan tontonan yang kreatif dan berkualitas tinggi.

Telios.tv juga mewawancarai berbagai profil yang sudah populer atau dikenal di masyarakat untuk dibuat konten atau melakukan kerja sama dengan pihak lain. Telios.tv berencana untuk menyediakan 10 channel pada akhir Januari dan berafiliasi dengan perusahaan media, pemilik brand serta channel lain. Monetisasi dari ads revenue sharing, banner, channel yang disewakan. 

SekolahCloud.com

Layanan yang bermain di segmen edukasi ini menyediakan sistem pembelajaran berbasis cloud. SekolahCloud adalah salah satu dari jaringan Quin Educatioan Indonesia (QEI) yang juga memiliki berbagai produk lain seperti Bimbel Quin, Lontar, KerjaKarir serta pelatihan guru.  

Menyediakan layanan (integrated) connected learning, menyediakan pengajar berkualitas, serta sistem belajar dan manajemen sekolah dengan mengintegrasikan School Management System dengan Learning Management System yang juga bisa dikustomisasi dengan sistem pendidikan nasional dengan memadukan sistem online dan offline

Meski telah lebih dari 11 tahun bermain di bisnis pembelajaran melalui QEI, SekolahCloud ingin melakukan ekspansi termasuk pengembangan dari sistem pembayaran, yang disediakan oleh startup lain.

Insignious.com

Insignious.com adalah studio game yang mengembangkan flash casual games untuk web, mereka juga mempersiapkan beberapa rencana untuk pengembangan game termasuk ke perangkat bergerak. Game yang mereka kembangkan telah memiliki fasilitas micro transaction dan menggunakan teknologi open source

Digital Happiness – Dreadout 

Sebuah studio game dari kota Bandung, dalam pitch kali ini mencoba mengenalkan permainan yang sedang mereka kembangkan yang berjulul Dreadout. Permainan ini cocok bagi mereka yang gemar akan hal-hal berbau hantu. 

Dreadout adalah Multiplayer finding ghost game, dimana pengguna nantinya harus menemukan berbagai hantu yang ada di permainan, dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti equipment atau pilihan hantu, termasuk juga integrasi layanan sosial serta digital currency. Masih dalam tahap pengembangan, kurang lebih 5 bulan baru akan rilis.

 

East Ventures Alpha Pitch

Sekarang mari kita lihat 6 peserta yang merupakan hasil dari program EV Alpha yang masing-masing mempresentasikan dan memberikan demo dari layanan atau startup yang mereka kembangkan.

Promoote.com

Promoote.com menyediakan layanan pembanding berbagai jasa berdasar lokasi tertentu, bisa melakukan perbandingan jasa, liat foto, komen, dll. Misalnya pengguna bisa mencari penyedia layanan laundry berdasarkan lokasi terentu. Pengguna bisa mencari layanan jasa yang tersedia, melihat detail informasi, membandingkan bahwa melakukan pemesanan/menanyakan harga dari layanan/jasa tersebut.

Saat ini masih mengkaver beberapa area saja Jakarta, Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang, mereka menargetkan untuk mengambil konsumen urban. Monetisasi lewat premium service serta verification service. Masih dalam tahap beta dan data direktori layanan masih sedikit tetapi sudah memiliki beberapa partner seperti Laundrette, Veneta System, AsiaCatering, Trac, Speedy.

Whappa – Asylon World

Pengembang game yang memperkenalkan game mereka berjudul AsylonWorld. Sebuah multiplayer mobile games dimana pemain harus mengalahkan lawan dengan beberapa jurus. Interaksi dilakukan dengan sentuhan dan gerakan jari. Jadi ketika kita telah memilih jurus tertentu (yang digambarkan dengan membentuk lingkaran pada layar) kita harus menggerakkan jari sesuai dengan gerakan yang dipilih.

Saat ini telah tersedia versi lite untuk perangkat Android nantinya akan tersedia juga versi berbayar. Berencana juga untuk mempublikasikan game mereka melalui beberapa publisher, misalnya Square Enix dan Chillingo.

Buzzle-mall.com

Buzzle-mall adalah layanan yang mengambil pangsa pasar para pengunjung mall. Dengan jumlah mall di Jakarta yang ada ratusan, maka informasi tentang berbagai hal di dalam mall menjadi kebutuhan yang dicari. Layanan ini menyediakan direktori, navigasi termasuk informasi diskon dan event serta menyediakan juga arah area di dalam mall.

Selain akses web, tentunya lebih dibutuhkan akses dari perangkat bergerak, jadi ada aplikasi untuk BlackBerry dan Android. Pengguna juga disediakan fasilitas rewards, misalnya dari aktivitas check-in, event yang di-share ke media sosial, serta kegiatan scan code di mall. Strategi mendapatkan pemasukan dari iklan serta mall quest.

Red Eclipse

Pengembang game berbasis flash asal kota Bandung, dengan Swift Strikes yang menjadi game pertamanya. Pengguna bisa menerbangkan pesawat tempur dan melakukan pertempuran di angkasa. Menargetkan untuk membuat 12 game dalam setahun, studio game ini juga memiliki pengalaman di 3D development.

MacaMoco

Layanan personalized curated content ini tersedia di web, pengguna bisa melakukan kurasi atas konten, berita yang mereka pilih atau informasi personal atas tokoh yang diinginkan. Menargetkan 400 juta target user dalam 3 tahun, teknologi yang digunakan berbasis HTML5. MacaMoco ditujukan untuk pengguna lokal, berbagai fasilitas rekomendasi dikhususkan dan disesuaikan dengan habit user pengguna Indonesia, dimana bahasa konten adalah bahasa Indonesia.

Velmery

Layanan yang bisa dijelaskan sebagai simple sharing shopping experience. Menyediakan fasilitas rekomendasi sosial untuk kegiatan berbelanja, pengguna bisa melakukan scan barcode dari barang tertentu ke situs Velmery. Pengguna bisa menaruhnya sebagai daftar favorit dari produk mereka atau membandingkan dengan produk lain atau membagikannya ke Twitter, Facebook, atau BBM.

Saat ini tersedia untuk pengguna BlackBerry. Strategi monetisasi dengan partnership deal, premium merchants, QR code. Juga bisa menyediakan data analytics di premium merchants serta mengirimkan informasi ke konsumen mengenai produk yang sudah mereka favoritkan namun belum dibeli. Serta menyediakan pengembangan QR code untuk produk yang belum punya barcode.

Cukup menarik melihat kehadiran startup atau layanan yang baru muncul atau mereka yang sudah berpengalaman namun mengembangkan produk/layanan baru. Untuk EV Alpha saya melihat layanan yang disediakan juga memang sesuai dengan preferensi East Ventures, bahkan beberapa saya lihat memiliki layanan yang mirip dengan startup yang telah didanai oleh EV sebelumnya, seperti direktori atau pencarian.

Satu hal yang menarik bagi saya, meski tidak semua, beberapa layanan telah memiliki tampilan situs yang cukup menyenangkan, misalnya saja Dwarapala dan Promoote kemudian juga ada yang bermain di segmen video dan tentunya game, yang menjadi beberapa layanan yang saya pikir akan menjadi tren atau berkembang di tahun 2012.

Seperti yang telah bisa disimpulkan, kompetisi serta ajang pitch akan menjadi salah satu katarsis bagi tumbuhnya startup baru, namun tentunya yang lebih penting adalah melihat bagaimana pertumbuhan ini juga menghasilkan startup yang bertahan, berkembang dan menjadi besar.

Apakah ada investor yang tertarik dengan berbagai layanan yang melakukan pitch di JVN 2012 kali ini? Mari kita lihat perkembangannya dalam beberapa waktu ke depan.

5 thoughts on “Berikut Daftar Peserta yang Pitching di Jakarta Ventures Night 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published.