Brand Personality: Pengertian, Cara Membangun, dan Manfaatnya

Disadari atau tidak, setiap brand memiliki kepribadian, sama seperti manusia. Brand personality yang kuat dapat menjadi dasar untuk meningkatkan loyalitas brand dan retensi pelanggan. Perusahaan kamu juga dapat melakukan ini lebih baik daripada kompetitor.

Pengertian Brand Personality

Kepribadian brand adalah karakteristik yang terkait dengan brand.

Menurut Investopedia, brand personality adalah salah satu hal yang dapat meningkatkan brand equity. Alasannya, mendekatkan brand dengan konsumen karena sesuai dengan target segmen.

Tanpa brand personality yang sesuai dengan target pasar, akan sulit bagi bisnis kamu untuk meyakinkan calon pelanggan bahwa mereka harus memilih brand kamu

Selain itu, brand personality merupakan salah satu jenis nilai tambah atau nilai tambah kualitas. Ini dapat memberi pelanggan keunggulan atas pesaing.

Cara Menentukan Brand Personality

• Penuhi Kebutuhan Target Audiens mu

Brand personality Chanel yang eksklusif dan terkini telah melayani audiensnya dengan baik selama hampir seabad karena sangat cocok dengan demografi sadar mode mereka.

Di background personality mereka adalah pemenuhan keinginan pelanggan dan bukan hanya seleranya sendiri. Idealnya, kamu sudah memiliki pemahaman yang kuat tentang siapa pelanggan kamu dan apa yang mereka inginkan.

• Buatlah Daftar Kata Sifat yang Menggambarkan Brand Personality

Jika kamu kesulitan menentukan karakteristik kamu, buatlah daftar kata sifat yang menggambarkan brand personality ideal kamu. Daftar kata-kata seperti muda, energik, dan lincah dapat membantu kamh mengembangkan kepribadian yang lebih baik, dan kata-kata seperti murah, nyaman, dan bermanfaat dapat membantu kamu meningkatkan nilai dan memperkuat keuntungan. tempat di pasar.

Pastikan untuk mengingat target audiens kamu, terutama preferensi dan ekspektasi mereka. Kata-kata dalam daftar ini seharusnya lebih menarik bagi mereka.

• Ibaratkan Merek Seperti Manusia

Metode terakhir ini dapat membantu memvisualisasikan brand kamu sebagai orang yang hidup dan menciptakan persona. Jika kamu tidak dapat memutuskan brand personality, coba bayangkan bahwa brand kamu adalah orang yang nyata dan kamu bertemu mereka untuk pertama kali di sebuah pesta.

Alasan Brand Personality Penting

• Pembeda dari Kompetitor

Bersaing bisnis tidaklah mudah. Brand personality adalah strategi ampuh yang dapat membedakan kamu dari orang lain.

Ketika brand kamu memiliki personality atau gaya yang konsisten dan jelas, lebih mudah bagi orang untuk mengenali, mengingat, dan bahkan memperhatikan brand kamu.

Mereka dapat menemukan nilai superior yang mereka sukai dibandingkan dengan yang lain dan memilih produk yang kamu tawarkan.

• Memperkuat Brand Story

Brand story juga menjadi salah satu alasan mengapa orang mungkin tertarik untuk memilih produk yang kita tawarkan dibanding yang lain. Konsumen saat ini mudah tergerak oleh brand story yang sejalan dengan nilai yang mereka yakini. Jika bisa disampaikan dengan benar, orang akan terpengaruh secara emosional dan lebih mau membeli.

Penting untuk menciptakan kepribadian brand yang jelas dan mengomunikasikan brand kamu kepada pelanggan sebelum kamu memulai pengembangan.

Jadi ingatlah itu ketika kamu hendak membangun brand mu, ya.