Cara Buat Toko Online Di Platform Social Commerce Avana

Avana adalah salah satu platform social commerce  di Indonesia yang mendukung dan membantu para pelaku usaha dalam mengoptimalkan pemasaran dan penjualan secara online, melalui website dan media sosial.

Social commerce sendiri merupakan aktivitas penjualan produk langsung melalui media sosial, tanpa perlu dialihkan ke luar aplikasi media sosial seperti e-commerce. Pelanggan dapat langsung mencari sekaligus melakukan pembayaran melalui media sosial tersebut.

Sebagai plaform social commerce, Avana memberi solusi efektifitas dan efisiensi bagi pelaku usaha dalam berbisnis online, melalui layanannya yang menghubungkan seluruh aktivitas dan transaksi toko online di media sosial dalam satu dashboard.

Langkah Membuat Toko Online di Avana

Layanan website toko online yang ditawarkan Avana dapat membantu pelaku usaha mengembangkan bisnisnya dengan memiliki webstore sendiri. Avana menyediakan tema profesional yang dapat digunakan untuk bisnis tanpa perlu coding.

Tak hanya itu, Avana juga memungkinkan pelaku usaha memiliki toko online di media sosial seperti Instagram Shop dan Facebook Shop, serta mengatur aktivitas chat di seluruh media sosial lain seperti WhatsApp, Line, dan Telegram, yang dapat terhubung menjadi satu ke dashboard Avana.

Berikut langkah pembuatannya:

  • Pertama-tama, kunjungi laman resmi Avana yakni https://avana.id/ atau klik di sini.
  • Selanjutnya, pilih menu ‘Dapatkan Gratis’ di halaman utama sebelah kanan atas, untuk terlebih dulu mendaftar akun Avana.

  • Pilih ‘Dapatkan Akun’, untuk mulai melakukan pendaftaran. Pendaftaran dapat dengan menggunakan akun Google maupun Facebook.
  • Lengkapi form pendaftaran yang disediakan. Isi data toko yang akan didaftarkan, meliputi nama toko, kategori toko, nomor telepon, dan email. Lalu, klik ‘Create Shop’.
  • Berikutnya, pelaku usaha akan diminta mengisi data produk. Unggah foto produk, nama produk, harga, berat satuan, stok yang tersedia, serta lengkapi deskripsi produk selengkap mungkin untuk membantu calon pelanggan. Sebagai informasi, kolom SKU bisa dikosongkan jika pelaku usaha belum punya. Setelah selesai, klik ‘Continue’.

  • Lalu, pada halaman ‘Setup Payment’, silakan aktifkan AVAPay, yakni rekening bersama sekaligus metode pembayaran yang disediakan oleh Avana. AVAPay dapat membantu pelaku usaha agar dapat menerima seluruh jenis pembayaran dari berbagai bank tanpa biaya admin.
  • Usai melewati proses pendaftaran akun, Anda akan diarahkan menuju halaman dashboard akun Avana milik Anda. Silakan melengkapi informasi toko di halaman ini. Lalu klik ‘Save’.
  • Selanjutnya, masuk ke menu ‘Shipping’ untuk mengatur pengiriman barang. Lengkapi informasi pengiriman, lalu klik ‘Save’.

  • Klik ‘Add Courier’ untuk pilih ekspedisi pengiriman yang akan digunakan.

  • Kemudian, tentukan office hour toko Anda, yakni hari kerja dan jam kerja pelaku usaha dapat menerima pelanggan. Lalu, klik ‘Continue’.
  • Sesuaikan titik lokasi peta dengan alamat toko Anda. Lalu, klik ‘Continue’. Pada tahap ini, Anda juga bisa memberi catatan tambahan.

  • Setelah melewati serangkaian tahapan di atas, toko online Anda telah berhasil dibuat. Anda dapat mengecek toko dengan klik ‘Open’, salin tautan toko, buka di halaman baru.

  • Berikut ini contoh bentuk toko online di Avana, yang menampilkan produk usaha Anda. Dengan begitu, transaksi jual beli online dapat langsung dilakukan. Silakan sebar luaskan tautan toko online milik Anda, sehingga dapat menarik banyak pelanggan.

  • Pelaku usaha juga dapat menghubungkan media sosial agar terintegerasi langsung dalam satu dashboard akun Avana.

Demikian serangkaian penjelasan terkait langkah-langkah pembuatan toko online lewat platform social commerce Avana, bagi pelaku usaha yang ingin mengembangkan dan mengelola bisnisnya secara digital dengan mudah.