Cara membuat analisis SWOT

Cara Membuat Analisis SWOT: Lengkap dan Tepat

Analisis SWOT adalah teknik perencanaan strategis yang berguna untuk menilai kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman dalam sebuah bisnis, baik rencana yang sudah ada maupun yang baru. Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S Humphrey pada tahun 1960-an saat memimpin sebuah proyek penelitian di Stanford Research Institute yang menggunakan data dari perusahaan Fortune 500.

Manfaat Analisis SWOT

Manfaatnya bagi perusahaan sendiri merupakan strategi penentu ke depan dalam hal keberlangsungan operasional. Bagaimana sebuah perusahaan menjalankan strategi misinya untuk mencapai tujuan (visi) perusahaan.

Ini juga dapat digunakan oleh pemangku kepentingan untuk menentukan keadaan faktor di dalam dan di luar bisnis. Penilaian SWOT perusahaan ini membantu menentukan prioritas mana yang harus diutamakan oleh perusahaan, apakah berasal dari faktor di dalam atau di luar perusahaan.

Tanpa informasi ini, tidak mungkin pelaku usaha mengetahui sejauh mana potensi pasar, minat dan peluang pasar yang dapat dieksploitasi, serta tingginya tingkat persaingan pasar untuk produk atau bisnisnya. Untuk itu, sangat penting untuk menganalisis produk atau perusahaan (organisasi) sebelum mengirimkan produk dan juga menjalankan bisnis.

Siapa yang Berhak Membuat Analisis SWOT?

Analisis SWOT ini memang pada awalnya dirancang untuk menganalisis peluang dan hambatan sebuah bisnis. Namun pada perjalananya, analisis SWOT sudah bisa dilakukan dalam beragam hal.

Mulai dari organisasi baik itu di perguruan tinggi maupun di masyarakat, komunitas-komunitas kreatif, diri sendiri, bahkan untuk melihat keputusan ketika melakukan perjalanan liburan pun boleh dilakukan. Selagi seseorang memiliki tujuan yang ingn dicapainya, ia bisa mulai merancang untuk ditempuh dengan analisis SWOT.

Faktor-Faktor Analisis SWOT

Faktor Internal (Strength and Weakness)

  • Kelebihan atau kelemahan internal perusahaan
  • Keuangan atau finansial
  • Sumber daya yang dimiliki

Faktor Eksternal (Opportunity and Threat)

  • Tren
  • Lingkungan
  • Budaya
  • Ideologi
  • Sosial Politik
  • Perekonomian
  • Perkembangan Teknologi
  • Sumber-sumber Permodalan
  • Peraturan Pemerintah
  • Peristiwa-peristiwa yang terjadi

Metode Analisis SWOT

Pada bagian metode kamu diajarkan bagaimana melihat korelasi yang harus diperhatikan dalam membuat analisis SWOT.

  1. Bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan dari sebuah peluang (opportunities) yang ada.
  2. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan.
  3. Kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada.
  4. Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Dengan saling berhubungannya 4 faktor tersebut, maka membuat analisis ini memberikan kemudahan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Cara Membuat Analisis SWOT

Ada dua langkah utama untuk membuat analisis SWOT:

  1. Menguraikan apa saja yang yang ada di empat komponen utama analisis SWOT (strengthweaknessopportunities, dan threats)
  2. Setelah menguraikan empat faktor tersebut, maka selanjutnya adalah membuat strategi berdasarkan matriks SWOT

Menguraikan 4 Komponen SWOT

Strength (Kekuatan)

  • Kelebihan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi?
  • Apa yang membuat perusahaan atau organisasi ini lebih baik dari perusahaan atau organisasi lainnya?
  • Keunikan apa yang dimiliki oleh perusahaan atau organisasi ?
  • Apa yang menyebabkan perusahaan  mendapatkan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelebihan?

Weakness (Kelemahan)

  • Apa yang harus ditingkatkan oleh perusahaan atau organisasi?
  • Apa saja yang harus dihindari oleh perusahaan atau organisasi?
  • Faktor apa saja yang menyebabkan kehilangan penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan oleh konsumen sebagai suatu kelemahan perusahaan atau organisasi kita?

Opportunity (Peluang)

  • Kesempatan apa yang dapat diambil/dilakukan?
  • Perkembangan tren apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi?

Threat (Hambatan)

  • Apa saja hal yang dilakukan oleh pesaing perusahaan atau organisasi kita?
  • Perkembangan Teknologi apa yang menyebabkan ancaman bagi perusahaan atau organisasi?
  • Adakah perubahan peraturan pemerintah yang akan mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi?
  • Apa yang dilakukan oleh pesaing sehingga mereka dapat lebih baik dari perusahaan atau organisasi?

Strategi dalam Melakukan Analisis SWOT

Setelah merinci 4 komponen SWOT sebelumnya, kamu dapat menghubungkan antara kekuatan, kelemahan, peluang, dan hambatan untuk saling melengkapi demi tercapainya tujuan.

Dengan daftar yang ada, maka kita harus mampu membuat strategi sebagai berikut:

  • Bagaimana cara kekuatan (strengths) kita bisa mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada saat ini.
  • Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weakness) yang menghambat kita dalam mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada.
  • Bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi berbagai hambatan atau ancaman (threats) yang ada.
  • Bagaimana cara mengatasi kelemahan (weakness) yang mampu membuat ancaman (threats) baru.

Itulah hal yang bisa dilakukan dalam melakukan analisis SWOT baik secara umum maupun khusus dalam sebuah bisnis usaha. Semoga penjelasan ini memudahkanmu melakukan analisa tersebut.

About Chairunisa

My name is Chairunisa, I am someone who loves to learn and explore new things. Currently, actively becoming a content writer intern in DailySocial.id