Jangan pernah Anda melupakan metode satu ini, yaitu cara membuat pesan otomatis di WhatsApp business! Metode ini sangat penting untuk pemilik bisnis saat menjalankan usahanya secara efektif.
WhatsApp business merupakan aplikasi layanan pesan yang khusus dibuat untuk pemilik bisnis kecil hingga besar. Aplikasi yang diluncurkan tahun 2018 ini hadir dengan berbagai fitur yang dapat mempermudah pemilik bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggannya
Beberapa fitur tersebut dapat meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan, sehingga bisnis yang Anda kelola dapat berkembang. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur pesan otomatis.
Mau tahu caranya? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Cara Membuat Pesan Otomatis di WhatsApp Business
Sebelumnya, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasi WhatsApp business dan membuat akunnya terlebih dahulu. Kemudian, lengkapi profil bisnis yang Anda jalankan.
Untuk mengaktifkan pesan otomatisnya, ikuti langkah-langkah berikut ini :
- Buka aplikasi WhatsApp business, lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan atas.
- Pilih “Setelan”, lalu klik “Fitur bisnis”.
- Fokuslah dengan “Fitur perpesanan”. Pada bagian ini, Anda akan melihat 3 fitur yang bisa digunakan. Berikut adalah penjelasan keempat fitur ini :
Salam
Fitur untuk menyapa pelanggan saat mereka mengirim pesan pertama kalinya, dan ketika mereka tidak berinteraksi dengan Anda selama 14 hari. Beginilah caranya :
- Pada pojok kanan atas, klik tombol tersebut hingga berwarna hijau.
- Klik tombol pensil, lalu tulis pesan yang ingin dikirimkan.
- Pilih siapa saja penerimanya. Terdapat 4 opsi, yaitu :
- Semua orang,
- Semua orang yang tidak ada di buku alamat,
- Semua orang kecuali…,
- Hanya kirim kepada…
- Pilih “Simpan” setelah selesai.
Pesan di luar jam kerja
Fitur ini bisa Anda gunakan untuk merespons pelanggan saat bisnis tutup. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur ini :
- Pada pojok kanan atas, klik tombol tersebut hingga berwarna hijau.
- Tulis pesan yang ingin dikirimkan dengan meng-klik tombol pensil terlebih dahulu.
- Anda bisa mengatur jadwal kirimnya, yaitu :
- Selalu kirim,
- Jadwal khusus,
- Di luar jam kerja.
- Atur siapa saja yang menerimanya.
- Jika sudah selesai, pilih “Simpan“.
Balas cepat
Fitur ini dapat membantu Anda membuat 50 pesan otomatis berisi jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh pelanggan. Beginilah caranya :
- Klik tombol “+” berwarna hijau di pojok kanan bawah untuk menulis pesan.
- Tulis pesan yang ingin dikirimkan. Anda juga bisa menambahkan foto dan emoticon.
- Lalu, bila Anda ingin menggunakan fitur ini buka chat room pelanggan Anda. Lalu, ketik tanda “/” di keyboard dan template dapat langsung dikirimkan.
Kelebihan Menggunakan Pesan Otomatis Bagi Pemilik Bisnis
Berikut adalah manfaat yang bisa kamu dapatkan dari fitur ini :
Mengoptimalkan Pelayanan Pelanggan
Salah satu hal yang disukai oleh pelanggan adalah pemilik bisnis online yang fast respon. Tetapi, kadang kita tidak dapat membalas pesan mereka dengan segera. Maka dengan adanya fitur ini, Anda bisa secara otomatis membalas pesan pelanggan meski sedang sibuk.
Menghemat Waktu
Fitur ini tidak mengharuskan Anda untuk selalu mengetik dan mengirimkan pesan yang sama ke masing-masing pelanggan. Sehingga, Anda bisa mengerjakan tugas lainnya.
Membangun Interaksi dengan Pelanggan
Dengan adanya fitur “Salam“, Anda bisa menyapa pelanggan yang baru pertama kali mengunjungi toko online Anda. Tentunya, pelanggan akan merasa dihargai meski nanti tidak jadi membeli produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa menyapa kembali pelanggan yang sudah lama tidak membeli produk Anda.
Bisnis Terlihat Profesional
Apabila Anda menggunakan aplikasi ini, tentunya pelanggan akan menganggap bahwa Anda menjalankannya secara profesional. Maka, mereka akan mudah percaya untuk sering berbelanja di toko Anda.
Itulah penjelasan singkat cara membuat pesan otomatis di WhatsApp business. Mudah, bukan? Jika Anda mau membaca lebih lanjut tentang fitur-fitur di WhatsApp business, silahkan klik tautan ini. Semoga membantu!