Surat rekomendasi kerja atau surat keterangan kerja adalah dokumen yang ditulis oleh seseorang yang mengenal kamu secara profesional dan dapat memberikan evaluasi positif terhadap kinerja kamu.
Tujuan dari surat ini adalah untuk memberikan wawasan tentang etos kerja, keterampilan, dan karakter kamu untuk membantu penerima membuat keputusan tentang kesesuaian kamu untuk peran atau program tertentu.
Surat rekomendasi kerja bisa menjadi aset berharga dalam pencarian kerja atau pengejaran pendidikan kamu, karena dapat membantu kamu menonjol dari kandidat lain dan memberikan bukti kualifikasi kamu.
Contoh Surat Referensi Kerja
Isi surat rekomendasi kerja biasanya mencakup pengantar yang menjelaskan hubungan antara penulis dan orang yang direkomendasikan, diikuti dengan deskripsi kekuatan, keterampilan, dan prestasi orang tersebut.
Surat tersebut juga dapat menyertakan contoh spesifik tentang bagaimana orang tersebut telah menunjukkan kemampuannya di tempat kerja.
Surat itu harus jujur dan tulus, karena penerima kemungkinan akan menggunakannya sebagai dasar untuk membuat keputusan penting.
Berikut ini adalah 8 (delapan) contoh surat referensi kerja:
Surat Referensi Kerja Bank
Surat Referensi Kerja Staff
Surat Referensi Kerja Guru
Surat Referensi Kerja Supir
Surat Referensi Kerja Manajer
Surat Referensi Kerja Freelance
Surat Referensi Kerja Karyawan Tetap
Surat Referensi Kerja Marketing
Demikianlah contoh-contoh surat referensi kerja yang dapat menjadi inspirasi kamu, semoga bermanfaat.