Berkaitan dengan tulisan tentang GameMachi yang mendapatkan kehormatan untuk diundang oleh Research in Motion (RIM) ke Mobile World Congress (MWC) 2011 di Barcelona, Spanyol, kami mendapatkan penjelasan lebih lanjut soal ini dari Calvin Kizana, CEO Elasitas. Menurut beliau, GameMachi bukanlah sekedar permainan, melainkan platform permainan mobile sosial, di mana ada berbagai jenis permainan yang berjalan di atasnya. Ini menjawab kebingungan kami tentang begitu banyaknya hal yang tertampil di dalam cuplikan gambar GameMachi itu sendiri. Berbagai permainan tersebut sudah diumumkan di acara BlackBerry Developer Conference Asia di Bali lalu dan juga Mobile World Congress baru-baru ini.
Di atas GameMachi, berjalan sejumlah permainan dan aplikasi, tidak hanya berbasis teks seperti yang disebut sebelumnya tapi juga berbasis konektivitas WAP dan berbasis aplikasi/klien dengan grafis lebih memukau dan interaktif. Dalam seri permainan berbasis WAP yang dikembangkan di atas GameMachi terdapat permainan football manager Barclays Premier League (BPL), Virtual DJ Alice Norin, The ChangCuters, HangMachi (semacam permainan HangMan), dan Qute (semacam permainan tamagochi). Sementara yang memiliki berbasis aplikasi grafis adalah MiMo Machi dan Pirate Machi. Untuk berbasis teks sendiri (memiliki fitur chat di dalamnya), terdapat permainan Dice, Low Card, Rock Paper Scissors, Head or Tail, dan Russian Roulette.
Calvin menambahkan bahwa permainan berbasis teks ataupun memiliki sistem in-chat menjadi sorotan di MWC 2011 karena keunikannya dalam menerapkan permainan yang bersifat low bandwidth, addictive, chatting-based (orang Indonesia senang sekali untuk ber-chat), dan mudah dimainkan (terutama untuk menghabiskan waktu senggang). Permainan seperti ini sifatnya yang viral dan bisa dimainkan setiap saat dengan integrasi langsung dengan BlackBerry Messenger (BBM).
Seperti social games yang lain, GameMachi pun mengimplementasikan virtual money dan virtual item yang menjadi salah satu daya tariknya. Virtual money dapat terintegrasi ke berbagai payment gateway seperti premium sms, PayPal, kartu kredit, dan klikBCA (Internet Banking). Juga didukung adalah model game voucher seperti IndoMog.
Setahu saya memang belum ada konsep permainan, apalagi yang berbasis sosial dan terintegrasi dengan BBM Social Platform, yang dibuat oleh pengembang Indonesia di platform BlackBerry dan mendapatkan pengakuan internasional. Adalah merupakan kebanggaan bagi bangsa bukan? Nantikan artikel kami selanjutnya untuk pengalaman live demo berbagai permainan tersebut.
BBM Social Platform akan ada di OS6, bukan di OS5 yang mempunyai BBM6. Di Indonesia saja masih banyak user yang di OS 4.6 (takut upgrade) dan ada juga user OS5 yang takut upgrade BBM karena takut contactnya bisa hilang. Jadi untuk produk seperti ini bisa berhasil masih spekulatif. BBM Social platform sampe sekarang masih unproven dan belum ada scheduled release date dari RIM. Sepengetahuan saya hanya ada software simulator untuk mengetes BBM Social Platform. Bisa2 ahkir tahun BBM social platform baru keluar. Kalau sampai BBM Social Platform digabung hanya dengan OS6.1, lebih dikit lagi orang yang bisa ikut bermain. Saya rasa ini adalah product klasifikasi “dead on arrival” kalau RIM tidak me-release BBM Social Platform on time.
betul pak. kita tunggu antisipasi RIM dan pengembang seperti apa.
Setuju dengan comment di atas, namun sebagai informasi tambahan, GameMachi tidak hanya berjalan di platform BlackBerry. GameMachi berjalan across all mobile platforms seperti Android, iOS, BlackBerry, J2ME, Symbian, Bada, bahkan MTK. Selayaknya Social Game, tentunya cross platforms merupakan fitur dasar dari platform GameMachi ini.