Layanan Data Masih Jadi Primadona Pada Masa Lebaran

Momen Lebaran akan lekat dengan penggunan teknologi, terutama kini ketika pertumbuhan perangkat bergerak termasuk smartphone yang terus meningkat, ucapan lebaran dengan ponsel menjadi pilihan. Namun perkembangannya kini pengguna lebih memilih layanan pesan instan yang menggunakan layana data, bukan lagi SMS.

Seperti yang dilaporkan IndoTelko sejak tahun lalu tren penggunaan jasa data serta layanan pesan berbasis data semakin menjadi pilihan pelangan layanan operator telekomunikasi.

Telkomsel mengalami peningkatan pada hari H Lebaran 2012 lebih dari 55% atau 157 terabyte. Peningkatan juga terjadi di layanan BlackBerry sebesar 226% di bandingkan hari Lebaran tahun lalu sebesar 7,5 Gbps. Meski demikian layanan SMS juga mengalami peningkatan dibanding hari normal sebesar 25%, 1,12 miliar SMS.

Untuk Indosat, ada 1.025 miliat SMS pada hari H Lebaran 2012 naik 32% dari trafik sebelum Ramadhan, bulan Juni 2012 hanya ada 776 juta SMS. Untuk data pada hari H lebaran, ada 44.58 terabyte per hari, nain 26.90% jika dibandingkan bulan Juni 2012.

Sedangkan untuk XL, peningkatan penggunaan layanan data telah meningkat sejak H-2 sebesar 30.8% atau 68 terabyte, sedangkan H-1 naik 26.9% atau 66 terabyte dan hari H 62 terabyte atau 19% jika dibandingkan hari biasa. Untuk SMS, H-1 ada 470 juta SMS turun 29%, H-1 turun 12,9% atau 575 juta SMS dan hari H adan 565 juta SMS atau turun 14% jika dibanding hari biasa.

Menarik untuk melihat perilaku pengguna, beberapa pengamat mengatakan bahwa peningkatan penggunaan layanan data ini juga dipacu oleh paket promosi data yang dilakukan operator. Perkembangan ponsel yang juga semakin dilengkapi berbagai fasilitas, termasuk aplikasi-aplikasi pesan juga sepertinya terus menggeser peran SMS, terutama bagi kalangan pengguna smartphone atau ponsel yang memiliki aplikasi pesan instan.

Sumber: IndoTelko.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.