Nominasi Karya INAICTA 2013 untuk Kategori Pelajar dan Mahasiswa

Masa depan industri ICT di Indonesia cerah! Indikasi ke arah itu paling tidak terlihat dari peserta di ajang INAICTA 2013 yang akan memasuki babak penjurian final 29 hingga 30 Agustus 2013. Pada ajang lomba karya cipta ICT terbesar di Indonesia, tahun ini tercatat lebih dari 1000 karya dari para pelajar dan mahasiswa yang ikut serta. Inilah nominasi karya yang berhasil lolos ke babak penjurian final.

Kategori Digital Interactive Media (Perguruan Tinggi)

  • Simulasi Pengembangan Arsitektural Rumah: aplikasi  merupakan dari pengembangan konsep arsitektural yang berfokus pada CAD (Computer Aided Design). Fungsinya memudahkan  pengguna jasa dari desain interior, desain exterior, desain furniture, kontraktor, dan arsitek melihat visualisasi tiga dimensi hasil dari pengembangannya.
  • Kebun Angka: software pembelajaran multimedia ini membuat pelajaran Matematika menjadi lebih menyenangkan. Di dalam software ini terdapat film pendek, materi yang interaktif, quiz, dan digital komik.
  • Dibber: portal sosial yang dibuat khusus untuk pengembang software, yaitu developer aplikasi java, photographer, dan animator flash. Didalamnya, user bisa mempublikasikan project atau karya mereka untuk mendapat respon dari orang lain.
  • Kaosku.com – Create Your Own T-shirt: sebuah situs yang dapat menjadi media ekspresi dan kreasi pembuatan T-shirt secara interaktif dan praktis sekaligus tempat menambah penghasilan.
  • Hyjabs: aplikasi social media berbasis mobile yang menghubungkan pengguna hijab dengan pengguna lainnya , untuk berinteraksi dan bertukar tips, informasi dan tutorial gaya berbusana hijab terkini.
  • Augmented Reality atau disingkat AR:  adalah teknologi yang menggabungkan benda visual dua dimensi dan atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata dengan memproyeksikannya dalam waktu nyata.
  • Aplikasi Augmented Reality Sistem Tata Surya : aplikasi dapat terhubung dengan buku ensiklopedi Sistem Tata Surya dengan gambar-gambar planet sebagai penanda, serta akan berintegrasi dengan kamera pada perangkat  perangkat smart phone atau computer tablet Android.
  • Vocalita: aplikasi mobile yang bergerak pada bidang musik. Vocalita menyediakan  dua layanan utama bagi user, yaitu “Music Social Network” dan “Music Streaming Service”.

Kategori Student Projects: Animation (SD – SMA/K)

  • Hikayat Negeri Katak: menceritakan Raja Katak yang egois yang mengorbankan rakyatnya, dan  menyebabkan kehancuran negerinya.
  • Animasi Proses Metamorfosis Kupu-kupu:  animasi ini dibuat menggunakan program Zu 3D dan windows movie maker dengan tujuan untuk menjelaskan proses metamorfosis menggunakan sistem animasi agar anak tertarik dan mudah memahami.
  • Tanah Airku: film ini menceritakan tentang seorang gadis yang bertempat tinggal di Paris dan sedang merindukan tanah airnya tercinta, Indonesia.  Kemudian , dia membayangkan kembali beberapa tempat dan kebudayaan di Indonesia yang sangat indah
  • Animasi Stop Motion Pembuatan Jembatan: Animasi sederhana tentang pembuatan jembatan dengan metode stop motion dan diolah menggunakan software Zu3D dan windows movie maker.
  • The Big Help for Indonesia: suatu upaya yang meskipun terbilang kecil, tetapi berdampak besar untuk Indonesia. Upaya yang dimaksud di sini adalah penanaman 1 juta pohon.
  • Sampah Sahabatku: Pembuatan animasi ini dilatarbelakangi dari semakin menurunnya kualitas lingkungan akibat kebiasaan membuang sampah sembarangan.
  • Kantin Kejujuran: Seorang anak yang bejalan menyusuri jalan setapak, tiba-tiba dia melihat sebuah kantin yang tanpa penghuni, namun jajan yang dipajang di depan begitu menggiurkan, dia menikmatinya, lalu tertimpa malapetaka
  • Zee Anak Indonesia (Indonesia Bebas HIV): animasi ini mensosialisasikan pengetahuan virus HIV dan upaya pengcegahannya.

Kategori Student Projects: Applications (Perguruan Tinggi)

  • Mosist – Motion Recovery Assistant : Mosist (Motion Recovery Assistant) adalah perangkat lunak berbasis Kinect  untuk membantu para pasien stroke (pengguna) dalam melakukan terapi pasca-stroke agar kemampuan motoriknya optimal.
  • AT – INEC “Aplikasi Cerdas untuk Mengetahui Sifat Manusia, Emosi, dan Sebagai Kontroler Interaktif dengan Pengolahan Sinyal Otak Manusia”: aplikasi AT-INEC terdiri dari 3 jenis aplikasi. Satu berbasis PC dan 2 diantaranya berbasis mobile (Android).
  • DRV: Kecelakaan lalu lintas dan polusi udara sudah menjadi masalah besar. Diharapkan DRV dapat menyelesaikan solusi yang kompleks dari sisi teknologi yang lebih green untuk mengatasi masalah kemacetan dan keselamatan.
  • Leafcoder: mengadopsi konsep Bagan Warna Daun dalam bentuk digitalisasi untuk membantu petani menggunakan pupuk dengan lebih efisiensi , yang dapat berdampak positif terhadap produksi padi.
  • Pheris- Personal Therapy and self Learning Application on Integrated System: aplikasi pembelajaran terpadu dan adaptif berbasis mobile untuk membantu mempercepat proses pengenalan dan pengucapan kosa kata sehingga para penyandang tuna rungu.
  • IBM : aplikasi pengatur durasi lalu lintas berdasarkan jumlah mobil sebagai solusi Kemacetan di Surabaya
  • CAMEL: sistem manajemen keamanan dan produktivitas rumah. Produk ini memanfaatkan smart phone, sebuah perangkat komputer, dan koneksi internet untuk  pengaturan pemakaian listrik, sistem pendeteksi pencuri, dan fire detector
  • FindMe: Pengingat lokasi parkir berbasis RFID secara otomatis. Serta penyedia informasi lahan parkir yang tersedia.

Kategori Student Projects: Application (SD)

  • Kuis Geo : menghapalkan provinsi, bandara hingga bendera negara dengan animasi menarik.
  • Magic Nesia (Benarkah Tempe sama dengan Daging?):  animasi yang berhubungan dengan pembuatan tempe.
  • Game – Play Soccer with President:  game mendidik  dibuat untuk memudahkan pemahaman para siswa pada pelajaran PKn (Pendidikan Kewarganegaan).
  • Mengenal sisitim pencernaan: permainan dengan komputer personal untuk mengenal sistim pencernaan manusia permainan ini dibuat dengan program SCRATCH.
  • Mari Belajar Tata Surya: media pembelajaran siswa tentang Tata Surya.
  • Fruti: aplikasi Fruti dapat menjadi salah satu alternatif solusi agar anak-anak bisa bermain tebak-tebakan sambil belajar kosakata buah dalam bahasa Inggris. Disertai musik latar dan didesain dengan warna cerah.
  • Bermain, bereksperimen, bernyanyi  dengan suara dan musik: program untuk anak yang belum  bisa membaca, untuk belajar dengan cara yang sangat fun.
  • Rak Pintar untuk orang Genius: Rak Pintar ini dirancang karena kejenuhan mencari buku diantara tumpukan buku-buku.

Kategori Applicative Robot (Perguruan Tinggi/Umum)

  • ICHIBOT RESCUE ROBOT FOR POISONOUS GAS DISASTER: Robot ini merupakan robot untuk mencari korban bencana gas beracun yang tidak bisa ditangani oleh manusia karena terlalu bahaya.
  • DRU13SAR: robot yang berfungsi sebagai alat bantu memeriksa kondisi wilayah yang sulit atau berbahaya seperti kondisi pasca bencana.
  • RoboQuadcopter Pemantau daerah rawan bencana: alat berupa pesawat dengan empat baling-baling yang bisa terbang secara fleksibel, karena tak memerlukan landasan yang besar dan digunakan untuk memantau daerah bencana.
  • INASEA , Robot Kapal Tanpa Awak Semi Automatic Pendeteksi Tumpahan Minyak dan Keberadaan ikan di Laut: sistem robot kapal yang telah diterapkembangkan untuk mengatasi persoalan wilayah kelautan yang tercemar oleh tumpahan minyak.
  • Sistem Pencari dan Penanda Posisi Korban Bencana Alam di Peta Google dengan GPS dan Quadcopter: Sistem pencari dan penanda korban bencana alam di peta Google dengan GPS (Global Positioning System)  yang berfungsi untuk membantu Tim SAR dalam melakukan proses penyelamatan dan evakuasi korban pasca bencana alam di suatu daerah yang sulit dijangkau oleh manusia .
  •  PROTOTIPE AUTONOMOUS UNDERWATER VEHICLE (AUV): merupakan sebuah robot yang dioperasikan dibawah air dengan menggunakan sistem propulsi, dikontrol dan diarahkan oleh sebuah komputer. AUV dirancang untuk misi surveillance di bawah air.
  • Pemetaan dan Navigasi Autonomous pada Robot Rescue iSRo G2.2: Robot iSRo (inteligent search and rescue robot) ditujukan sebagai rescue robot, robot ini sudah dikembangkan dari generasi I sampai generasi II.
  • COMMANDO (Communication Mobile Robot for Mapping on Disaster Area and Optimizing Mitigation): prototype mobil yang digunakan secara spesifik untuk menjangkau lokasi bencana yang tidak dapat dijangkau karena ketidaksesuaian fisik dan pertimbangan faktor keamanan bagi manusia.

 

Kategori Applicative Robot (SD – SMA/K)

  • The Guardian – Wireless Controlled Firefighter: Robot ini untuk memadamkan titik api di daerah bencana kebakaran hutan
  • Gryllotalpoid – Pembersih Saluran Air Jakarta di Masa Depan: Robot ini berguna untuk membersihkan saluran air di Jakarta yang tersumbat oleh sampah.
  • Fantastic Wheel -Ver. 2- :Robot dibuat untuk memantau aktivitas gunung berapi, dengan desain roda berbentuk X sehingga mampu menjelajahi lereng gunung yang berbatu dan tidak rata
  • HALO-ROV1:  Terinspirasi dari peristiwa banjir di basement plaza UOB pada awal tahun 2013. Penyelam kesulitan menyelamatkan korban  disebabkan kondisi air yang keruh serta bau busuk yang menyengat di dalam basement.
  • VOREBOT (Navodneniye reshatel’ Robot/ Flood Solver Robot): merupakan sebuah karya tim dari Robotic SMA Negeri 28 Jakarta yang memiliki fungsi observasi untuk tujuan search and rescue.
  • RoWIR (Robot Bawah Air):  robot yang dirancang untuk dapat menemukan korban akibat bencana alam seperti banjir ataupun tsunami.
  • ROBOCAT: robot penjaga rumah dari gangguan binatang pengerat (tikus). ROBOCAT ini mampu membuat keberadaan tikus menjadi tidak nyaman sehingga lambat laun tikus tikus tersebut akan meninggalkan rumah
  • Robot Protoype Antiteror: MECPRO 01 v3 (Mechatronic Product 01 versi 3): adalah nama robot yang kami buat dari pengembangan sebuah robot pengintai. Robot ini dilengkapi kamera pengintai, lengan untuk mengambil barang, dan dikendalikan oleh sebuah laptop dari jarak jauh.

Kategori Student Projects: Application (SMP)                                                                                                            

  • Panther Guardian Shield- PGS: software pelindung PC yang bertugas mengawasi setiap program yang bekerja dalam PC.
  • MultiPC Manager 1.0: sebuah software client-server yang diprogram untuk mengontrol aktifitas di warnet mulai dari transaksi, pengontrolan dan pengawasan.
  • Cerita Siklus Air: bercerita tentang air yang memiliki perjalanan yang disebut Siklus Air. Dalam siklus ini air dimanfaatkan oleh kehidupan seluruh mahluk hidup terutama oleh manusia.
  • Math Wars: game ini untuk mempelajari tentang perkalian di tingkat yang tinggi dengan sangat menegangkan
  • I Love Bandung:  aplikasi untuk iPhone, didalamnya terdapat banyak fitur tentang budaya Bandung,diantaranya Virtual Angklung.
  • Neorologic Home:adalah cebuah alat pintar pengontrol rumah yang dikemas secara se-dinamis mungkin untuk memudahkan para penggunanya dalam meningkatkan kewaspadaan di rumahnya terutama pada sistem kelistrikan.
  • Vampire Battle: Perang matematika antara robot dan vampire.
  • Game ” Alien attack”: permainan yang menceritakan seorang polisi yang memberantas para alien yang menyerang bumi

 

Kategori Games (Perguruan Tinggi)

  • Yamato Hotel:  gedung kecil yang terletak di pusat kota Surabaya, namanyapun populer di masa itu. Yamato hotel juga bisa di sebut sebagai icon kemerdekaan Indonesia saat penjajahan di tahun 1945.
  • Game Agustusan:  Social Game yang terdiri dari permainan  tradisional Indonesia yang biasa dimainkan saat perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia.
  • Spyder’s Web: game dengan metode interaksi berupa sensor Microsoft Kinect sebagai metode input dan haptic suit (kostum getaran) sebagai metode feedback.
  • Inganta Landek: rhythm game tari Karo yang dirancang di platform Android pada media touch screen. Game ini bertujuan mengangkat nilai budaya Karo, khususnya tari tradisional Karo.
  • Adu Gasing: mobile games berbasis android yang terinspirasi dari permainan tradisional Indonesia (Gasing Tradisional) yang sekarang sudah mulai terlupakan.
  • Letter Adventure -Linguistic Education Game For Children Based On Kinect Sensor: permainan edukasi yang dapat membantu anak dalam belajar membaca dan menulis angka maupun huruf alfabet dengan menggunakan Kinect sensor.
  • Rancangan Puzzle Hijaiyah Elektronik Interaktif: kombinasi dari piranti lunak dan perangkat keras untuk mengajarkan anak untuk menyusun gambar besar berupa huruf-huruf dalam Al-Quran(hijaiyah) yang dipotong-potong menjadi kepingan kecil.
  • EduGame Glove Pembelajaran Abjad Jari Bahasa Isyarat Indonesia: gabungan antara perangkat keras Sarung Tangan Sensor dan perangkat lunak Game pada komputer yang dibuat untuk dapat membantu proses pembelajaran Abjad Jari Bahasa Isyarat Indonesia.

Kategori Digital Animation (Perguruan Tinggi)

  • Keju: Di sebuah rumah, terdapat seekor tikus yang sedang kelaparan. saat si tikus benar benar kelaparan mencari keju, masalahnya berada di sebuah jebakan tikus.
  • Kota Kembang, Sensitization: animasi ini berisi tentang sampah-sampah yang terus menumpuk dari hasil buangan warga sekitar. Sayangnya sampah ini tidak dikelola dengan baik pada pembuangannya.
  • Caterfly: sebuah karya animasi pendek 2 dimensi kisah tentang seekor cacing yang memiliki kebun yang subur. Namun kebunnya hancur setelah ia mengangkat seekor larva ulat sebagai anak yang menghabiskan semua daun di kebun.
  • Pertarungan2Menara: dikisahkan dua peneliti terkenal, Bisam dan Krisan, yang tinggal di gedung 2menara. Mereka terobsesi setelah menemukan manuskrip dr. Stein, yang berisi formula rekayasa genetika.
  • Almost (Short Animation): short animation berdurasi 3 menit yang menceritakan tentang seorang anak yang meninggalkan rumah karena lelah melihat dan mendengar pertengkaran orang tuanya.
  • Banjir Karena Kita Sendiri: Karya animasi ini bertemakan tentang akibat bencana banjir yang sering melanda kota kita. Masyarakat kita banyak yang mempunyai kebiasaan buruk dengan membuang sampah sembarangan, terlebih di bantaran sungai.
  • Ghost Idol – 2D Short Animation: alkisah, sekelompok hantu menyelenggarakan kontes untuk menentukan hantu yang paling berbakat menakut-nakuti manusia. Dua kakak-beradik yang tengah membaca buku di kamar mereka, terkejut dengan kedatangan hantu-hantu ini.
  • Bite: bercerita tentang vampir kecil yg harus melewati berbagai tahap test untuk bisa lulus dari sekolah vampir. Di animasi ini, diperlihatkan usaha2 Eddia (sang vampir cilik) yg berusaha untuk melewati berbagai test yg diberikan mentornya.

Kategori Student Projects: Application (SMA/SMK)

  • MatrikSoft Security Care: security software Antivirus,Child Protect dan Utilities. Dengan fitur-fitur baru, yang inovatif dan kreatif.
  • GENUIZ:  aplikasi berbasis web sebagai sebuah Pusat Sumber Belajar. Aplikasi ini dibuat sebagai salah satu penunjang pembelajaran, khususnya pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional.
  • APASAJA (Aplikasi Sastra Dan Aksara Jawa): aplikasi yang bertujuan untuk mencegah tertinggalnya bahasa Jawa di era teknologi. Aplikasi ini dibuat di Smartphone agar User mudah menggunakanya kapan saja dan dimana saja.
  • Poultry Farm: aplikasi dekstop ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu para peternak ayam agar lebih mudah dalam pendataan ayam.
  • All about Car: salah satu karya untuk  memberikan kemudahan kepada peserta didik di level SMK/SMA delam mempelajari seluk beluk mobil.
  • Hoblaa: web interaktif elearning untuk anak anak yang ditujukan untuk anak-anak berusia 4-8 tahun.
  • Sistem Penyiraman & Pemupukan Tanaman Otomatis Berbasis SMS: aplikasi ini bertujuan untuk membantu bercocok tanam dengan baik dan efektif.
  • SITi (Sistem Informasi Terintegrasi): sebuah sistem dengan tujuan untuk mengatur segala bentuk data serta mempermudah kinerja dan pelayanan yang berupa administratif meliputi nilai , data arsip sekolah , data perpustakaan, dan lain-lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.