Rocket Internet Mengindikasikan Ekspansi E-commerce di Indonesia

Biangnya tiruan, Rocket Internet, yang merupakan perusahaan internet asal Berlin dan berspesialisasi dalam menmbuat tiruan perusahaan internet yang telah sukses dan menyasar pasar lokal, mengindikasikan bahwa mereka akan berekspansi ke wilayah Asia Tenggara. Seperti yang dituliskan oleh Sarah Lacy, mereka adalah jenis pengusaha yang paling buruk. Tidak ada komitmen atau kepercayaan mengenai apa yang mereka bangun dan hanya berusaha untuk mencari keuntungan semata.

Meskipun memalukan, namun tidak membuat mereka berhenti melakukan ekspansi, termasuk ke Asia. Rekan kami di SGEntrepreneurs baru saja menuliskan sebuah berita bahwa Rocket Internet meluncurkan Zalora (clone dari Zappos) di Malaysia dan dalam waktu dekat akan meluncurkannya di Singapura juga. Sudah sewajarnya kalau tukang clone ini mempertimbangkan memasuki pasar Indonesia yang terus tumbuh.

Dan, mereka kini telah hadir.

Rocket Internet baru saja melakukan merekrut beberapa orang untuk menjalankan kegiatan operasional mereka di Indonesia. Berdasarkan informasi yang ada LinkedIn, mereka telah mengisi beberapa posisi dan masih mencari kandidat lain. Mereka kini telah memiliki VP untuk Digital Product dan Internet Marketing, dan seperti informasi yang muncul di Twitter, mereka juga mencari (dengan sedikit putus asa) kandidat untuk mengisi posisi Internal Recruiter di ‘Fashion E-Commerce Giant’.

Pergerakan perlahan ini secara jelas mengindikasikan bahwa Rocket Internet secara agresif memperluas kehadiran mereka di Indonesia. Saya mencoba pula untuk mencari informasi alamat situs Zalora.co.id (berdasarkan situs Zalora.com yang berbasis di Malaysia dan Singapura) serta alamat situs rocket-indonesia.co.id, namun sayangnya dua alamat situs Indonesia ini tidak menunjukkan tanda-tanda yang signifikan. Tapi dari pengecekan IP menunjukkan bahwa domain Zamora.co.id memiliki host yang sama dengan Zamoda.com. Ada kemungkinan bahwa Zamoda versi Indonesia dari Zalora yang telah ada di Malaysia dan Singapura.

Sejauh ini, itulah informasi yang saya dapat kumpulkan. Kami akan memperbarui lebih banyak berita tentang aktivitas Rocket Internet di Indonesia.

About Rama Mamuaya

Founder, CEO, Writer, Admin, Designer, Coder, Webmaster, Sales, Business Development and Head Janitor of DailySocial.net. Contact me : rama@dailysocial.net

4 thoughts on “Rocket Internet Mengindikasikan Ekspansi E-commerce di Indonesia

  1. Thanks informasinya..Kami baru saja mendapatkan penawaran dari perusahaan tersebut untuk Giftcard.
    Dengan adanya informasi ini, tentunya akan kami pertimbangkan.

    Terima kasih atas perhatian dan kesediaannya membagi informasi 🙂

  2. Ummmm… sorry sebelumnya… mau nanya aja sih, apa salahnya dengan copying business idea?
    bukannya ketika kita start up sebuah bisnis, mengcopy competitor hal yang common yah?
    Dan menurut saya, bagaimana rocket mengcopy web lain dan menjadikan sebagian besar clones tersebut sebuah bentuk investment besar merupakan sebuah point penting yang perlu kita highlight dan justru merupakan bentuk nyata betapa hebatnya rocket internet….

  3. Menurut saya banya industri atau bisnis yang sukses dengan cloning atau meniru atau me too product, contohnya Cina yang jagonya meniru, atau restauran yang sukses d tiru competitor, produk minuman energi di tiru. Ya tinggal strategi siapa yang bisa di terima dan merupakan pilihan consumer. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.