Banyaknya bermunculan media sosial buatan anak negeri (yang itu-itu saja) sering kali membuat kita para pengguna internet dibuat bosan karena memberikan layanan yang tidak terlalu berbeda. Namun ada juga beberapa media sosial lokal yang bermain di segmen nicheyang menarik banyak pengguna. Diantara media sosial tersebut ada yang memberikan layanan dan menjadi jejaring sosial, memberikan layanan untuk menyebarkan konten atau layanan berbasis lokasi, sebut saja Yahoo! Koprol, Rockto, MindTalk, Bouncity, SixReps, dll.
Kali ini muncul sebuah media sosial yang bergerak di segmen travel, layanan ini bernama TrackPacking.com.
Menurut keterangan resmi dari situs ini, “TrackPacking.com adalah social network dimana kamu dapat sharing foto, cerita, peta, komunitas dan perjalananmu pada teman-teman. Dan kamu juga dapat melihat peta, track, hobi, foto, komunitas atau perjalanan dari orang lain.”
Fitur-fitur yang ditawarkan untuk melakukan kegiatan travelling pun cukup beragam, ada 5 fitur utama yang terdapat pada TrackPacking.com ini yaitu Destination, Expedition, Tribes, Ask Me, dan Route, yang kesemuanya dapat membantu para pengguna yang ingin melakukan travelling ke tempat yang mereka inginkan.
Akan tetapi, dari segi UX maupun UI TrackPacking.com terlihat belum begitu sempurna. Setelah mencoba beberapa saat, menurut saya layanan TrackPacking.com ini, kurang terlihat segar dari UI-nya dan UX-nya sendiri belum begitu tertata dengan rapi, sehingga ketika saya mengakses pertama kali situs ini, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memahami dan menggunakan fitur-fiturnya.
Memang, segmen travel menjadi salah satu pilihan layanan yang bisa dikembangkan pada tahun 2012 mendatang, seperti juga yang dikemukakan Rama Mamuaya (DaliySocial) pada acara e27 Founders Drinks + StartupLokal Meetup yang lalu, Danny Oei Wirianto (MindTalk.com – MerapPutih Inc.) juga mengatakan bahwa salah satu pertimbangan portofolio yang mereka cari (MerahPutih Inc.) adalah yang bergerak di bidang travel.
Tentunya, alangkah baiknya jika TrackPacking.com ini memperbaiki tampilan dan pengalaman penggunaan di situs mereka, karena kedua faktor tersebut menjadi faktor yang memicu pengguna dalam menggunakan layanan ini, sehingga siap menghadapi persaingan berat di tahun 2012 nanti.
Bagi para pembaca setia DailySocial yang ingin memberi feedback kepada TrackPacking.com, dapat melalui tautan ini www.trackpacking.com/feedback atau dapat melalui kolom komentar pada artikel ini.
saya dari trackpacking.com minta saran kritik dan masukannya,.
maklum cuma developernya cuma satu orang, jadi desainer masih dirangkap oleh programmer juga..
harap maklum jika UX masih kurang…
Thanks dailysocial..
wah2 ternyata developernya cuma 1 orang nih…
hebat yah.. 😀
menguasai semuanya..
salute mas!
keep it on work then 😉