Ubisoft: Penjualan Rayman Legends dan Splinter Cell Blacklist Tidak Mencapai Target

Berbeda dari beberapa belas tahun lalu, bisnis videogame telah mampu mengalahkan film Hollywood dalam hal skala dan biaya. Namun bagaimana jika investasi yang telah dikeluarkan publisher tidak mencapai target yang mereka inginkan? Hal ini terjadi pada dua game terbaru garapan Ubisoft, Splinter Cell: Blacklist dan Rayman Legends. Padahal kita tahu kedua permainan ini diterima gamer dan kritik dengan cukup baik.

Dalam konfrensi pers yang dilaporkan PC Gamer, sang CFO Alain Martinez memaparkan, “Seperti yang telah kami ungkapkan sebelumnya, penjualan Splinter Cell, Rayman dan lain-lain ternyata lebih rendah dari target kami.” Angka target ini mencapai jumlah yang mencengangkan: US$ 566 juta.

Ubisoft belum melaporkan apa penyebab mereka tidak mencapai target penjualan. Dalam beberapa tahun sebelumnya, Ubisoft biasanya menyalahkan masalah pembajakan yang terjadi di platform PC. Namun kita tahu hal ini bisa dibilang hanya setengah benar: pembajakan bukan hanya terjadi di PC, namun untuk PlayStation 3 dan juga Xbox 360 – buktinya versi bajakan Grand Theft Auto V versi Xbox 360 telah beredar dua hari sebelum tanggal rilis resminya.

Hal seperti ini tidak jarang terjadi dalam dunia hiburan digital. Terkadang bagus tidaknya game tidak terlalu mempengaruhi tingkat kelarisannya. League of Legends tampak biasa-biasa saja saat diluncurkan dengan skor review rata-rata, namun ia adalah permainan yang paling banyak dimainkan saat ini. Ambil lagi contoh lain, THQ. Publisher ini memegang nama-nama franchise besar: Company of Heroes, Warhammer 40.000 hingga Saints Row; tetapi tidak menghentikan perusahaan ini untuk gulung tikar.

Kembali pada penjualan Blacklist dan Rayman Legends yang tidak mencapai sasaran, hal ini mungkin mempengaruhi jadwal perilisan game lain dalam waktu dekat. Bisa jadi ia juga menjadi alasan mengapa Watch Dogs dan The Crew ditunda ke awal dan kuartal kedua 2014. Apakah alasan ‘untuk menjaga kualitas’ hanya sebuah alibi mereka?

Dengan hanya satu game Andalan yang dirilis dalam masa fiskal akhir tahun, kemungkinan besar mereka bisa menambal kerugian. Meminimalisir pilihan game di liburan Natal nanti adalah hal yang paling logis, apalagi ia harus berhadapan dengan Call of Duty: Ghost dari Activision dan Battlefield 4 dari EA.

Gambar header: PC Gamer.

Leave a Reply

Your email address will not be published.